TP-PKK Pesibar Bersama BPJS Kesehatan Adakan Pemeriksaan PAP Smear

Spread the love

Sharing is caring!

Pesisir Barat (SL) – Sebagai upaya pencegahan kanker serviks, Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Barat berkerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Kota Bumi di Pesisir Barat, melakukan Pemeriksaan Kesehatan PAP Smear, yang dipusatkan di Sekretariat PKK Kabupaten Pesisir Barat, Kamis (13/9).

Kegiatan tersebut menargetkan sebanyak 400 peserta untuk diperiksa kesehatannya yang berasal dari TP-PKK tingkat Pekon se-Pesisir Barat, TP PKK tingkat Kecamatan dan TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat. Dengan jadwal pelaksanaan selama dua hari yakni Kamis-Jumat (13-14/9) di Sekretariat PKK setempat yang bertemakan ” Sayangi diri anda, Ayo deteksi dini kanker serviks bisa dicegah melalui PAP Smear”.

Disampaikan ketua penyelenggara kegiatan Pemeriksaan Kesehatan PAP Smear, yang dilaksanakan oleh TP-PKK Pesisir Barat bersama BPJS Cabang Pesisir Barat, Widya, bahwa kegiatan ini diharapkan bisa diikuti dengan seksama oleh masyarakat, karena kegiatan ini bertujuan agar ibu-ibu masyarakat Pesisir Barat dapat mengenali dan mendeteksi kondisi kesehatannya lebih dini.

” Bagaimanapun mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kami juga berharap agar BPJS Kesehatan terus dapat membantu ibu-ibu di Pesisir Barat ini pada umumnya, ” harap Widya.

Ketua TP-PKK Pesisir Barat,  Septi Istiqlal mengatakan, pelaksanaan kegiatan deteksi dini melalui IVA/Papsmear ini adalah merupakan salah satu upaya unggulan untuk menekan prevalensi kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif.

Menurutnya, kanker serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal. Oleh karena itu, sebaiknya setiap perempuan usia produktif melakukan skrining kesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini.

Pihaknya juga,  menyambut baik upaya BPJS Kesehatan atas kesediaannya untuk bekerjasama melaksanakan pemeriksaan dini kanker leher rahim tersebut secara khusus di Kabupaten Pesisir Barat secara gratis.

Selain itu, Septi juga mengucapkan terimakasih kepada BPJS Kesehatan karena sudah peduli kesehatan para kaum hawa di Kabupaten Pesibar dan mengajak masyarakat khusus para kaum wanita untuk mau memeriksakan diri.

“Kami mengajak masyarakat Pesibar untuk selalu rutin memeriksakan kesehatan dini seperti pemeriksaaan IVA tanpa merasa malu karena kesehatan sangat penting pada setiap keluarga kita,” tegasnya.

Sementara perwakilan dari BPJS Cabang Kota Bumi di Pesisir Barat yang disampaikan oleh Yeni Andriani dalam sosialisasinya bahwa dalam pemeriksaan papsmear kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Kota Bumi, untuk hasil dari pemeriksaaan tersebut akan diketahui pada sepuluh hari kemudian.

Dirinya menyampaikan juga,  dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, kanker serviks sebetulnya paling mudah dicegah dan dideteksi. Caranya dengan melakukan deteksi dini dan pemberian vaksinasi. Pemeriksaan IVA/papsmear merupakan metode pemeriksaan sederhana yang memiliki tingkat akurasi tinggi, aman, serta nyaman bagi pasien.

“Rangkaian kegiatan ini meliputi promotif, preventif, deteksi dini, dan tindak lanjut. Melalui kegiatan ini diharapkan timbul kesadaran dan kepedulian dari masyarakat terutama dalam mengendalikan risiko kanker dan deteksi dini kanker sehingga diharapkan angka kematian akibat kanker serviks dapat ditekan,” jelasnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dalam mewujudkan masyarakat hidup sehat dan berkualitas sesuai dengan tercapainya Nawacita kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia. Kami berharap ke depannya, melalui salah satu kegiatan promotif preventif ini, derajat kesehatan bangsa dapat terangkat,” tandasnya.

Layanan pemeriksaan IVA/papsmear ini dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga peserta program JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika setelah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka peserta akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.(gung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *