Tekab Polresta Bandar Lampung Gulung Komplotan Spesialis Pembobol Sekolahan

Spread the love

Sharing is caring!

Bandar Lampung (SL)-Tim Tekab 308 Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandar Lampung menggulung sidikat spesialis pembobol rumah kososng dan sekolahan. Petugas mengamankan empat pelaku, yang mayoritas residivis. Mereka terlibat pembobolan delapan sekolah di Bandar Lampung.

Keempatnya yakni Nova Susanto (29), residivis jambret; Dedi (24), residivis judi; Asep Arwandi (24), dan Muhammad Riki (25), otak pencurian. Para pelaku adalah warga Panjang, Bandar Lampung.

Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Harto Agung Cahyo mengatakan para pelaku asal Sumatera Selatan itu merupakan spesialis pembobol rumah dan sekolah yang kerap meresahkan warga Bandar Lampung. “Pelaku sudah melakukan aksinya sebanyak 20 kali, dan sebagian besar adalah sekolahan,” kata Harto, Kamis, 8 November 2018.

Menurut Harto, keempat pelaku ini memilik tugas masing-masing. Tiga orang bertugas melakukan eksekusi dan satu orang menjual barang hasil curian. “Pelaku mengincar barang-barang yang gampang dijual dengan bermodal pisau dan gunting untuk mendongkel pintu,” katanya.

Para pelaku yang dijerat pasal pencurian dengan pemberatan (curat) spesialis bobol sekolah diamankan saat akan menikmati hasil curian, dilokasi tempat hiburan di kawasan Panjang, Rabu, 7 November 2018 malam. “Kami amankan keempatnya semalam jam sepuluh di daerah Soekarno-Hatta, Panjang,” jelas Harto, Kamis, 8 November 2018.

Harto menambahkan salah satu pelaku merupakan residivis jambret empat tahun lalu. Para pelaku mengincar rumah ataupun sekolah yang tidak dijaga. “Kalau sekolah, beraksinya pas libur. Kalau rumah, dia lihat (kondisi). Kalau sekitar sepi, ia beraksi. Para pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan hukuman tujuh tahun kurungan penjara,” katanya.

Para tersangka kini ditahan di Polresta Bandar Lampung. Petugas juga mengamankan barang bukti berupa dua laptop hasil jarahan. Kemudian pisau gunting, obeng, dan kunci pas. (nt/jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *