Suguhan Keindahan Waduk Sermo Dari Atas Kalibiru

Spread the love

Sharing is caring!

Sleman (SL)-Mendaki, berkelok membelah rindangnya hutan menikmati pesona alam dari atas ketinggian hutan wisata Kalibiru. Sungguh sebuah tantangan adrenalin tersendiri untuk bisa sampai di hutan wisata Kalibiru.

Namun ketika dapat menginjakkan kaki di hutan wisata ini sungguh merupakan sebuah kepuasaan tersendiri. Rasa lelah sepanjang perjalanan akan sirna, terobati kecantikan alam yang terbalut dalam lingkaran perbukitan.

Di atas ketinggian hutan wisata ini Anda dapat menikmati hamparan birunya Waduk Sermo serta hijuanya dedaunan perbukitan Menoreh. Sejauh mata memandang,  suguhan panorama alam nan eksostis akan tersaji dalam keheningan dan kesegaran udara yang akan menghapuskan rasa letih serta memanjakan panca indera.

Kalibiru sendiri  merupakan kawasan hutan milik Perhutani yang saat ini dikelola oleh masyarakat. Seiring perjalanan waktu hutan ini kemudian dikembangkan untuk wisata alam dan wisata edukasi. Sehingga di samping untuk menjaga kelestarian hutan,  dengan dijadikan destinasi wisata diharapkan akan menarik wisatawan di Kulon Progo.

Sebagai wahana wisata alam yang menawan dan banyak dilirik wisatawan, Kalibiru terus berbenah guna memberi kenyamanan setiap pengunjung. Tempat ini pun dilengkapi dengan jalur treking, gardu pandang,   camping ground hingga fasilitas outbond. Apalagi keberadaannya hanya sekitar 3 km dari waduk Sermo. Sehingga sangat sayang jika dilewatkan manakala menjelajah Waduk Sermo tanpa mengunjungi Kalibiru.

Guna menambah kenyamanan pengunjung, selain fasiltas di atas, Kalibiru dilengkapi dengan areal parkir yang luas, kios makanan, fasilitas mck, pendopo, dan juga homestay. Masyarakat sekitar telah menyediakan 6 Homestay atau pondok wisata yang dapat menampung sekitar 100 orang.

Menara Pandang di Atas Pohon

Selain gardu pandang, menikmati landscape Waduk Sermo akan terasa menambah sensasi saat berada di menara pandang di atas pohon. Menara yang dibuat mirip panggung terbuka dengan menyesuaikan ketinggian pohon ini, menambah keleluasaan dalam melepas pandangan nun jauh. Dan akan kenangan tak terlupa bila dapat berfoto ria dengan latar belakang Waduk Sermo yang terapit perbukitan Menoreh.

Namun untuk dapat berpose di atas menara pohon ini, Anda harus menaniki tangga dengan ditemani penjaga. Selain itu, setiap pengunjung yang akan berfoto di atas menara juga dikenakan beaya sebesar Rp 10.000,-.

Akses Ke Kalibiru

Hutan wisata Kalibiru dapat ditempuh melalui jalur arah menuju Waduk Sermo. Dari Waduk hanya sekitar 3 km. Sehingga ketika perjalanan sudah sampai Waduk Sermo, untuk semantara bisa beristirahat sejenak agar saat meneruskan perjalanan yang menanjak tidak terlalu kelelahan. Sedang bila dari Yogyakarta berjarak sekitar 40 km atau tepatnya 10 km dari Wates. Hutan wisata Kalibiru sendiri terletak di Hargowilis, Kokap Kulon Progo.

Tips

Karena selepas Waduk Sermo jalanan selalu diwarnai dengan jalur tanjakan, pastikan kendaraan dalam kondisi bagus, syukur ber cc besar. Selain itu jangan lupa agar BBM terisi penuh. Agar lebih aman, saat mengunjungi Kalibiru sebaiknya jangan membawa anak kecil.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan keheningan alam di Kalibiru cukup membayar bea masuk sebesar Rp 3.000 per orang. Sedangkan tarif parkir motor sebesar Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. (Lanjar)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *