Sawojajar Expo 2020, Kekuatan Desa Membangun Kota - Sinarlampung.com

Sawojajar Expo 2020, Kekuatan Desa Membangun Kota

Spread the love

Lampung Utara (SL)-Dalam cerita pewayangan Pandawa Lima, Negeri Sawojajar merupakan suatu wilayah yang dipimpin dua kakak beradik kembar, Nakula dan Sadewa. Negeri Sawojajar awalnya milik jin kembar bernama Sapujagad dan Sapulebu.

Ketika bertemu dengan Nakula dan Sadewa, jin Sapujagad dan Sapulebu merasa sudah waktunya mereka beristirahat dan memilih jalan kematian karena telah bertemu dengan figur yang cocok menggantikan mereka untuk memimpin Sawojajar.

Tidak hanya itu, Nakula dan Sadewa memperoleh hadiah berupa dua istana peninggalan jin Sapujagad dan Sapulebu yang luas nan megah yang disekelilingnya rapi berdiri pohon sawo yang berjajar.

Cukilan mitos itu disampaikan Kepala Desa Sawojajar, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara, Mulyanto, disela perbincangan dengan awak media sinarlampung.com, sesaat usai melakukan rapat dengan warga setempat, terkait persiapan pelaksanaan HUT ke-17 Desa Sawojajar.

“Jika kita menghayati filosofi nama desa dari cerita pewayangan, Sawojajar diharapkan menjadi satu wilayah yang makmur, sejahtera, dan juga aman,” kata Kepala Desa Sawojajar, Mulyanto, Senin, (21/10/2019), di kantornya.

Untuk mewujudkan Desa Sawojajar yang makmur, sejahtera, dan aman, kata Mulyanto, membutuhkan upaya dan keterlibatan aktif seluruh elemen masyarakat.

“Pada dasarnya, warga Desa Sawojajar saat ini memiliki beragam profesi dalam memenuhi ketercukupan kebutuhan hidupnya, mulai dari usaha rumahan, hingga profesi melekat yang bersifat mengikat,” tutur Mulyanto.

Desa Sawojajar, kata Mulyanto, terbentuk sejak tahun 2002 melalui program transmigrasi warga pemukim yang merupakan hasil pemekaran dari Desa Wonomarto.

“Pada awalnya, warga pemukim yang mendiami wilayah Sawojajar merupakan program transmigrasi Angkatan Laut yang mendiami wilayah Desa Wonomarto. Berkembangnya kemajemukan warga serta melalui otonomi daerah, terbentuklah Desa Sawojajar yang saat ini memasuki usia 17 tahun,” urai Mulyanto.

Terkait hajat milad terbentuknya Desa Sawojajar, pihaknya menyampaikan telah mengagendakan serangkaian acara yang diharapkan mampu mendongkrak perekonomian rakyat. “Kekuatan perekonomian yang tumbuh dan berkembang di desa, tentu berimplikasi secara positif bagi terbentuknya pondasi serta menopang kekuatan kota,” ujarnya.

Untuk itulah, lanjut Mulyanto, bersama seluruh elemen masyarakat dirinya akan menyelenggarakan Sawojajar Expo 2020. (ardi)

Tinggalkan Balasan