Rocky Gerung Bangun Akal Sehat di Mimbar Bebas Kampus Unila - Sinarlampung.com

Rocky Gerung Bangun Akal Sehat di Mimbar Bebas Kampus Unila

Spread the love

Bandar Lampung (SL)-Rocky Gerung menjadi pembicara dalam diskusi publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung (Unila). Bersama budayawan Isbedy Setiawan, membahas politik akal sehat untuk membangun peradaban demokrasi, di mimbar bebas FISIP Unila, pada Selasa (2/7).

Ratusan mahasiswa bersama dekan dan dosen memadati areal parkir gedung FISIP. Dalam orasinya, Rocky Gerung menyebut proses demokrasi di kampus tidak lagi mengkritisi jalannya pemerintahan. “Hadirnya fakultas ilmu sosial dan ilmu politik di kampus, seharusnya menjadi sarana untuk menguji visi misi calon calon pemimpin,” kata Rocky Gerung.

Kata Rocky, kampus yang merupakan pintu demokrasi, saat ini dikunci dan dipantau secara terus menerus oleh kekuasaan dengan melarang adanya kegiatan politik praktis di kampus. “Seluruh presiden setelah reformasi menjadi pemimpin ketika Indonesia sudah demokratis dan tidak lagi diganggu kritisisme,” kata Rocky Gerung.

Kehadiran FISIP di kampus seharusnya menjadi sarana untuk menguji kebijakan publik yang ditawarkan para calon pemimpin, padahal demokrasi merupakan pintu yang dibuka oleh kampus. “Sekarang pintu itu dikunci oleh kekuasaan. Kan di situ paradoksnya,” tegasnya.

Saat ini, lanjutnya, tidak ada lagi kelegaan dalam berpolitik. Segala sesuatunya dipantau oleh kekuasaan sehingga menciptakan otoriterisme. “Sekarang tidak ada kelegaan, yang ada hanyalah pantauan detik perdetik oleh kekuasaan dan kemudian disodorkan pada redaksi, pemasang iklan, dan rektor. Begitu cara pengendaliannya sekarang,” ujar Rocky. (red)

Tinggalkan Balasan