Ribuan Aparatur Desa Lampung Utara Tagih Sembilan Bulan Insentif dan Operasional Desa Tahun 2019 - Sinarlampung.com

Ribuan Aparatur Desa Lampung Utara Tagih Sembilan Bulan Insentif dan Operasional Desa Tahun 2019

Spread the love

Lampung Utara (SL)-Ribuan aparatur desa dipimpin 237 Kepala Desa, di Lampung Utara menggelar unjukrasa terkait tidak dibayarkannya dana desa selama sembilan bulan oleh Pemerintah Lampung Utara. Massa aksi damai tergabung dalam ASsosiasi Perangkat Desa Indonesia (Abdesi) itu berorasi di depan Kantor Pemda, Senen 2 Desember 2019.

Aksi damai ribuan masa tersebut langsung berkumpul di Pemkab Lampung utara, serta dikawal oleh ratusan anggota kepolisian polres Lampura. “Ribuan aparatur desa serta 237 kepala desa se-Lampung Utara ini menagih hak kwajiban isentif dan operasional kami yang belum dibayarkan oleh Pemkab Lampung U, yang selama 2019 baru dibayarkan tiga bulan saja,” kata Rudi, Dewan Penasehat Abdesi Rudi.

Meurut Rudi, masih kurang 9 bulan yang belum dibayar oleh Pemkab Lampura, terhitung sejak bulan April-Desember 2019.  “Hingga tutup buku tahun 2019, belum ada kejelasan. Kami menuntut hak kami,” katanya.

Wakil Ketua Abdesi Nandang Zaily menambahkan, perangkat desa yang hadir di aksi itu, tidak akan pulang sebum Pemda Lampung Utara memenuhi kewajibannya. “Kami gak akan pernah pulang dalam orasi ini sebelum pemkab lampura membayar hak kwajiban kami,” Kata Zaily yang mengancam, apa bila pihak Pemkab tidak bisa memenuhi tuntutan atau melunasi hak mareka, maka dalam waktu dekat perangakat desa akan berangkat kejakarta.

Menanggapi hal itu, Pj Sekda Lampung Utara Sopyan mengatakan, bahwa 2019, ini Pemda Lampung Utara tidak bisa menyeselesaikan ADD selamaa sembilan bulan itu. Namun akan diselesaikan ditahun 2020, pada bulan Januari 2020.  Prosesnya lima bulan dan di bulan Februari 2020 akan dibayarkaan yang empat bulan.

“Saya juga siap untuk berjanji hitam di atas putih untuk menempati janji tersebut akan dibayarkan pada bulan januari dan pebruari akan dibayarkan lunas untuk add di 2019 tersebut, Kami tim anggaran ini bekerja tidak main-main, karna kami sungguh-sungguh akan menyeselesaikan masalah ini secepatnya,” Ujarnya Sopyan.

Pj Sekda didampingi asisten 1, Kabag hukum, kepala BKAD, Kapolres Lampung Utara, kepala DPMD, dan Kasat Pol- PP.Perwakilan Apdesi kemudian melakukan mediasi dengan para pejabat Pemerintah Kabupaten Lampung Utara. (ardi/red)

Tinggalkan Balasan