Reklamasi dan Pengerukan Bukit Pulau Tegal Mas di Laporkan ke Polda? - Sinarlampung.com

Reklamasi dan Pengerukan Bukit Pulau Tegal Mas di Laporkan ke Polda?

Spread the love

Bandar Lampung (SL)-Walhi Lampung melaporkan Pengelola kawasan wisata Pulau Tegal Mas karena keruk bukit dan reklamasi pantai tanpa ijin. Sementara Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung rencana melaporkannya ke Kementerian KKP RI. Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) telah melaporkan ke Polda Lampung, Jumat (11/1).

Sedangkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Lampung berencana melaporkan terkait pengrusakkan lingkungan hidup tersebut ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, pekan depan. Pulau Tegal Mas berada di Desa Sidodai, Kecamatan Telukpandan, Kabupaten Pesawaran.

Kabid Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, Nazdan, pihaknya sudah memberi tahu secara lisan persoalan pengerukan dan reklamasi ilegal Pulau Tegal Mas kepada petugas Kementerian. Resminya, kata dia Selasa (29/1), secepatnya, mudah-mudahan bisa pekan depan.

Nazdan juga menyatakan kesiapannya jika diminta jadi saksi ahli Polda Lampung dalam kasus yang dilaporkan Walhi soal pengerukan dan reklamasi pulau. Polda berwenang menyetopnya, katanya. DKP juga telah bersepakat bersama penggiat lingkungan hidup untuk terus mendorong kasus ini sampai selesai. “Cepat dan lambatnya dalam menyelesaikan kasus ini tergantung pada tindakan Polda,” ujarnya dilangsir rmol.com

Walhi maupun DKP Lampung melakukan reklamasi dengan material yang dilarang yakni menggunakan terumbu karang dan sebagainya di atas ekosistem terumbu karang dan ekosistem padang lamun. Manajer Advokasi dan Kampanye Walhi Lampung melaporkan masalah ini ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dir Reskrimsus) Polda Lampung. Mereka berharap meski kelak ada izinnya tidak menghilangkan pelanggaran yang telah dilakukan pengelola Pulau Tegal Mas.

Sementara segel yang di Pasang Pemrov Lampung sudah tidak terlihat di lokasi menuju Pulau Tegal Mas. Operasional alat berta hingga kunjungan wisata terus beraktivitas, Bahkan saat sinarlampung.com melihat lihat lokasi Pulau Tegal Mas, Kapolda melakukan pertemuan dengan beberapa perwira tinggi mabes Polri yang sedang bertugas ke Lampung. (red)

Tinggalkan Balasan