Rakor Kecamatan Kotabumi, Warga Diminta Proaktif Antisipasi Kabar Hoax

Spread the love

Sharing is caring!

Lampung Utara (SL)- Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, melaksanakan rapat koordinasi (rakor) bulanan, Rabu, (7/11), yang diselenggarakan di aula Kecamatan Kotabumi. Selain membahas pelayanan masyarakat, dan persiapan Pemilu, juga dibahas terkait gonjang ganjing isu yang cepat beredar dan resahkan warga.

Rapat dipimpin Camat Kotabumi, Nujum Masya, dihadiri Kapolsek Kotabumi, Iptu. Aris Satrio; Danramil Kotabumi, Kapt. Jalaludin, Ketua Panwaslucam Kotabumi, Yoanda Harun, dan anggota Ardiansyah, Yoseph Arisandi, Ketua PPK Kec. Kotabumi, Safsa Rudi dan jajaran, lurah/kades se-Kec. Kotabumi, Ka. UPT se-kecamatan Kotabumi dan jajaran lainnya.

Camat Kotabumi, Nujum Masya, mengatakan rakor ini merupakan rapat koordinasi guna mengetahui sejauhmana pelaksanaan atas berbagai kegiatan dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Rakor merupakan kegiatan rutin yang harus dilaksanakan. Dalam kegiatan ini, kita sama-sama menginformasikan pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan dan program yang direncanakan. Dengan demikian, asas transparansi dan akuntabilitas publik dapat berjalan sesuai harapan,” papar Nujum Masya.

Dikatakannya, jelang pelaksanaan Pemilu 2019 koordinasi seluruh penyelenggara harus terlajin dengan baik agar pada saat pelaksanaan tidak menemukan kendala dan hambatan yang berpotensi menjadi gangguan. “Sesuai instruksi dari pimpinan, penyelenggaraan Pemilu 2019 harus berjalan dengan demokratis, lancar, dan bermartabat,” paparnya.

Di tempat yang sama, Danramil Kotabumi, Kapten Jalaludin, menyampaikan, agar seluruh jajaran meningkatkan kewaspadaan terkait banyaknya organisasi kemasyarakatan yang tidak jelas bentuk dan legalitasnya.

“Dewasa ini banyak berkembang beragam organisasi tanpa bentuk dan legalitas yang resmi. Selain itu, saya juga mengimbau agar seluruh jajaran dapat meningkatkan pembinaan di masyarakat guna mengantisipasi berbagai akibat yang ditimbulkan dari tindak kenakalan remaja,” Kata Kapt. Jalaludin.

Dijelaskannya, seluruh aparatur pelayanan masyarakat juga meningkatkan kebersamaan dan kepedulian antarsesama dari berbagai musibah akibat cuaca ekstrim.

Kapolsek Kotabumi Utara, Iptu Aris Satrio, menanggapi banyaknya isu negatif yang berkembang harus diantisipasi dengan sikap yang bijaksana. “Dalam hal bertaburnya informasi di era digital saat ini, sebagai abdi negara dan masyarakat seluruh jajaran di setiap tingkatan harus mendapatkan informasi dengan benar, tidak terpancing dan terprovokasi,” kata Aris Satrio.

Dikatakannya, beragam permasalahan yang terdampak dari berbagai informasi negatif tentu dapat memicu perpecahan kesatuan berbangsa. “Meski demikian, informasi tidak benar yang berkembang dengan cepat, pada prinsipnya juga ada sisi positif. Meskipun juga memiliki dampak negatif yang besar,” katanya.

Dalam arti, dengan adanya isu-isu miring dimaksud, “Masyarakat saat ini justru lebih meningkatkan kewaspadaan dan ketertiban dalam lingkungan sosialnya,” jelas Kapolsek Kotabumi Utara yang tidak lama lagi akan berpindah tugas ke Polsek Purbolinggo, Kab. Lampung Timur.

Peserta rakor bulanan Kec. Kotabumi Kab. Lampura juga sempat memberikan ucapan selamat pada Kapolsek Kotabumi Utara atas pengabdian dan pemindahan tugasnya di wilayah hukum Kab. Lamtim. (ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *