Proyek Jaringan Hospot Area Publik Lampura Diduga Jadi Lahan "Bancaan" Titik Hospot Tak Bisa Diakses - Sinar Lampung

Proyek Jaringan Hospot Area Publik Lampura Diduga Jadi Lahan “Bancaan” Titik Hospot Tak Bisa Diakses

Spread the love

Sharing is caring!

Lampung Utara (SL)-Jaringan Hotspot yang diprogramkan Permerintah Kabupaten Lampung Utara melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat dengan sebutan Program Pengembangan Jaringan Internet Area Publik, saat ini kondisinya sudah tidak dapat diakses oleh masyarakat. Anggaran Rp73 Juta lebih pertahun diduga menguap.

Program yang dianggarkan melalui APBD 2017 hingga 2018 itu menelan biaya sebesar Rp.73.065.000,- pertahun anggaran dan dinilai sangat merugikan keuangan daerah. Dalam item pekerjaan program dimaksud yang tertuang dalam APBD Pemkab. Lampura tahun anggaran 2017, pembelanjaan pegawai terealisasi anggaran sebesar Rp.6.420.000,-, dan untuk pembelanjaan barang dan jasa senilai Rp.66.645.000,-. Adapun pembelian barang untuk pelaksanaan program dimaksud berupa pembelian kawat/faksimili/internet/intranet/TV Kabel/TV Satelit senilai Rp.66.000.000,-.

Program itu didokumentasikan dalam anggaran yang dikelola Diskominfo Lampura setelah perubahan senilai Rp.5.565.092.811,- dengan realisasi sebesar Rp.4.715.210.785,- untuk APBD tahun 2017. Informasi yang dihimpun, titik hotspot yang seyogianya diperuntukkan bagi warga setempat berada di Taman Olah Seni Kotabumi, Taman Sahabat Kotabumi, Bundaran Tugu Payan Mas, dan di pusat Kecamatan Bukit Kemuning.

“Program hotspot bagi warga Lampura itu awalnya digulirkan pemerintah melalui Dinas Perhubungan dan bekerjasama dengan PT. Telkom Area Kotabumi, sebagai pihak ketiga. Namun, saat adanya pemisahan Diskominfo dari Dishub Lampura pada 3 Januari 2017, secara otomatis pengelolaan dan pertanggungjawabannya ada di Diskominfo Lampura,” kata sumber sinarlampung.com, di lingkup Pemkab Lampura yang enggan identitasnya dipublikasikan, saat dikonfirmasi melalui pesan whatApps, Kamis, (10/1).

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Diskominfo Lampura, Suni Lumy, belum dapat dikonfirmasi. Dihubungi via phone sedang tidak aktif, dan dikantor sedang tidak ada di tempat. (ardi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *