Petani Waway Karya Terancam Gagal Panen, Puluhan Hektar Sawah Terendam Banjir

Spread the love

Sharing is caring!

Lampung Timur (SL)-Ratusan petani sawah di Kecamaran Waway Karya terancam gagal paen. Padi mereka yang baru berusia satu-dua bulan rusak terendam banjir. Hujan deras yang mengguyur hampir sebagian besar di Kecamatan Waway Karya, Kabupaten Lampung, mengakibatkan puluhan hektare tanaman padi di Desa Tanjung Wangi, mengalami terendam banjir.

Kusno (50) salah satu petani yang menuturkan bahwa, rata-rata tanaman padi yang terendam baru umur satu bulan, akibatnya para petani di Desa Tanjung Wangi mengalami kerugian jutaan rupiah. Padahal sebelumnya, para petani sudah menyedot air, karena sawah mengalami kekeringan.

“Saya waktu mau tanam harus menyedot air yang jaraknya sekitar 600 meter dari sungai sehingga biaya operasional tanam meningkat untuk pengadaan pengairan tetapi saat banjir tanaman kami terendam karna pembuangan air ke sungai kurang maksimal,”jelasnya, di pelataran sawah. Rabu (09/01/19).

Lebih dalam katanya, kami minta kepada dinas terkait agar dapat memperhatikan nasib kami dan membangun sejumlah prasarana agar nantinya panen padi bisa maksimal. “Untuk itu kami sangat mengharapkan, Pemkab Lamtim dapat membantu sumur bor pertanian dan pembuatan parit sekaligus Dam parit, untuk mensiasati kondisi musim yang tidak menentu guna  meningkatkan hasil produksi pertanian di desa kami,” harapnya. (Wahyudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *