Petani Berharap Dana Desa Dan APBD Way Kanan Membantu Atasi Kesulitan Air Petani sawah - Sinarlampung.com

Petani Berharap Dana Desa Dan APBD Way Kanan Membantu Atasi Kesulitan Air Petani sawah

Spread the love

Way Kanan (SL)-Para petani padi sawah tadah hujan di beberapa Kampung Kecamatan Way Kanan yang mengalami kekeringan akibat sulitnya mendapat pasokan air pada masa tanam tahap II tahun 2019 saat ini para petani berharap bantuan pembangunan sumur bor untuk mengairi sawah mereka.

Junirin, mewakili Petani padi, Kota Dewa Way Kanan, mengatakan kondisi saat ini, puluhan hektar sawah petani terancam gagal panen, air tadah hujan di musim tanam tahap ke dua tahun 2019 ini tidak ada. Dan sawah mereka kekeringan. Penyedotan mesin alkon dari sungai maupun aliran air dari irigasi atau  hujan tidak terpenuhi selama dua bulan tidaka ada.

Karena itu, para petani berharap pemeritah Kampung dan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan bisa membangunkan sumur bor di area puluhan hektar sawah tadah hujan kampung Suka Bumi, Kecamatan Buay Bahuga dan Kampung Kota Dewa Kecamatan Bahuga baik bersumber anggaran Dana Desa maupun APBD 2019.

“Jika Anggaran Sumur Bor Pertanian Dari Pemerintah Pusat ke Daerah Tidak ada.¬† Kami berharal dana desa atau APBD Way Kanan mampu bangunkan sumur bor untuk sawah tadah hujan yang kesulitan mendapatkan pasokan air sejauh ini di Way Kanan, ” ungkap Junirin, Minggu (30/6/2019). (Indro)

Tinggalkan Balasan