Pengelola Objek Wisata di Lampung Barat Wajib Laporkan Kunjungan Wisatawan - Sinarlampung.com

Pengelola Objek Wisata di Lampung Barat Wajib Laporkan Kunjungan Wisatawan

Spread the love

Lampung Barat (SL) – Seluruh pengelola objek wisata di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) diharapkan untuk mencatat dan melaporkan kunjungan wisatawan kepada pemerintah daerah melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar). Hal tersebut disampaikan sekretaris Disporapar yang juga Plt. Kepala Disporapar Ronggur L Tobing, Minggu (10/02/2019).

Dijelaskannya, selain melaporkan dan mencatat jumlah kunjungan wisatawan, pengelola objek wisata juga diharuskan menyiapkan buku tamu dan mencatat identitas lengkap para pengujung. Kemudian, pengelola objek wisata baik milik pemerintah daerah maupun kepemilikan swasta (Perorangan) juga diharapkan mendokumentasikan aktivitas kegiatan yang ada di objek wisata. “Kita imbau pengelola objek wisata di Lambar agar melaporkan jumlah kunjungan wisatawan di wilayahnya kepada Pemkab melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata setiap tiga bulan sekali,” ungkapnya.

Laporan tersebut, lanjut Ronggur, menjadi dasar laporan pihaknya kepada bupati, Dinas Pariwisata Provinsi Lampung dan Kementerian Pariwisata, sebagai bahan perencanaan pengembangan objek wisata di daerah. “Kalau kunjungan wisatawan sepanjang tahun 2018 mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Dan kita berharap jumlah pengunjung objek wisata akan terus meningkat, terlebih saat ini jumlah objek wisata di Kabupaten Lambar jumlahnya semakin bertambah dan pemandangannya juga tidak kalah menariknya dibanding yang ada di daerah lain,” jelasnya.

Untuk diketahui, jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Lambar selama tahun 2018 mencapai 17.027 pengunjung. Jumlah itu mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang hanya 16.449 pengunjung. Rincian pengujung objek wisata di Lambar sebanyak 17.027 orang tersebut di antaranya wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 16.372 pengunjung dan wisatawan mancanegara 655 pengunjung.

Dari 17.027 pengunjung itu, yang paling banyak datang berkunjung yaitu ke objek wisata yang ada di Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh, seperti objek wisata Danau Asam, Danau Lebar, Danau Minyak, serta Danau Belibis Letusan Panas Bumi. Kemudian, objek wisata yang juga banyak dikunjungi wisatawan yaitu Rest Area di Pekon Sindangpagar, Kecamatan Sumberjaya serta kawasan wisata terpadu Lumbok Seminung resort, serta Bukit Bawang Bakung (Gerdai) yang berada di Pekon Negeriratu Kecamatan Batubrak. (net)

Tinggalkan Balasan