Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Kriik Tiga Nama Dengan Track "Buruk" Lolos Dalam Penetapan KPU Lamtim - Sinarlampung.com

Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Kriik Tiga Nama Dengan Track “Buruk” Lolos Dalam Penetapan KPU Lamtim

Spread the love

Lampung Timur (SL)-Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Dr. Triono, M.I.P. angkat bicara terkait dengan adanya surat undangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Nomor 1319/SDM.12-und/05KPU/X/2019 tanggal 28 oktober 2019 tentang pelaksanaan uji kelayakan dan kepatuhan calon anggota KPU kabupaten/kota se-provinsi Lampung periode 2019-2024 di salah satu hotel di Bandar Lampung, Jum’at (1/11/19)

Berlatar belakang sebagai tenaga Akademisi FISIP Universitas Megou Pak Tulang Bawang, Triono juga menyarankan kepada KPU Republik Indonesia, bagi yang akan mengisi kuota anggota KPU Kabupaten harus memiliki kecakapan dan pengetahuan yang baik dan harus memiliki uji kelayakan publik.

“Anggota KPU harus memiliki Integritas dan ilmu pengetahuan yang cukup dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, takut nya nanti taatkala menetapkan pemimpin yang tidak tepat dan kurang baik, maka akan melahirkan pemimpin tidak dikehendaki oleh rakyat dan bisa menjadi bumerang dalam menentukan kebijakan,” lanjut Triono yang juga Dosen Dharma Wacana Metro.

Diketahui Lampung Timur yang lolos dalam 10 besar seleksi yaitu Nomor 1. Afrizal, 2. Andri Afrizal, 3. Candra Hasan, 4. Desman Yusri, 5. F. Bagus Kumbara, 6. M. Wahid Setio Budi, 7. Maria Mahardini, 8. Marsoni, 9. Wanahari,10. Wasiyat Jarwo Asmoro.

Menanggapi dari sepuluh besar nama yang masuk calon anggota KPU Lampung Timur, ada tiga nama yang sudah mendapatkan sanki DKPP, yaitu yang masih melenggang ke babak 10 besar Maria Mahardini, Wanahari, dan terakhir Wasiyat Jarwo Asmoro, beberapa bulan lalu. Alumni S3 Ilmu Politik UNPAD itu juga menyampaikan, KPU kabupaten/kota inikan lembaga independen, harus memiliki sifat netral dan integritas yang baik karena menyangkut urusan rakyat.

“Kalau memiliki track record yang kurang baik, mengapa harus diloloskan menjadi komisioner KPU untuk periode berikutnya. agar rakyat bisa menaruh harapan kepada komisi, supaya benar-benar menjalankan peraturan perundang-undangan, menjadi harapan dan keinginan masyarakat, sehingga terjadinya sistem demokrasi yang baik tanpa intervensi dari pihak manapun. Kita tunggu saja, mudah-mudahan dalam Fit and propertes nanti bisa mengungumkan yang paling baik,” harapannya.

Kelima komisioner mendapatkan sanki tegas dari DKPP yaitu Ketua KPU Lamtim Andri Oktavia S, Si yang juga diberhentikan sebagai ketua oleh DKPP, dan Anggota KPU lainnya adalah  Maria Mahardini M.Pd.i, Wanahari S.pd.i dan Wasiyat Jarwo Asmoro S.I. Kom, serta Husin S,E.

Pelaksanaan uji kelayakan dan kepatuhan calon anggota KPU Kabupaten/kota se provinsi lampung periode 2019-2024 akan dilaksanakan tanggal 1-3 November 2019. Untuk calon anggota KPU kabupaten Lampung Timur dapat giliran tanggal 2 November 2019, Pukul 08.00 S.d selesai. (Wahyudi)

Tinggalkan Balasan