Pencuri dan Penadah Barang Curian Ditangkap Anggota Polres Muba - Sinarlampung.com

Pencuri dan Penadah Barang Curian Ditangkap Anggota Polres Muba

Spread the love

Muba (SL)-Satuan jajaran Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Musi Banyuasin (Muba) berhasil meringkus satu orang pelaku spesialis pembobol rumah yang beraksi di Jalan Merdeka Lingkungan 2 Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu Kabupaten Muba dan dua orang penadah hasil curian.

Tersangka digiring petugas

Para tersangka adalah Agustian Saputra (18) warga Jalan Merdeka Lingkungan 2 Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu, yang dikenal sebagai pelaku spesialis pembobol rumah warga.

“Selain pelaku, turut juga ditangkap dua orang penadah barang hasil curian yakni Cik Mamat (30) warga Desa Bandar Jaya Kecamatan Sekayu dan Selamat (21) warga Kelurahan Balai Agung, ” ungkap Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti, SE, MM didampingi Kasat Reskrim AKP Delli Haris dan jajaran saat memimpin prees rilis di Mapolres Muba, Selasa (09/4/2019).

Menurut, Mantan Kapolres Prabumulih ini, pelaku Agustian dan DY (saat ini DPO) pada tanggal 16 maret 2019 yang lalu sekitar pukul 04.00 wib telah melancarkan aksi pencurian. Dengan membobol rumah warga Dedek Dwiansyah di Jalan Merdeka lingkungan 2 kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu. Dari aksi pencurian itu, kedua pelaku berhasil mengambil 2 unit hp merek samsung dan vivo beserta 1 unit handycame.

“Tiga minggu setelah melancarkan aksi pencurian tersebut, hasil penyelidikan, akhirnya kemarin pada senin (08/4/2019). Kami terlebih dahulu mengamankan seorang penadah yakni Cik Mat. Saat berada di rumah makan Beringin Simpang Kayuare, Kecamatan Sekayu,” katanya.

Setelah itu, dari hasil pengembangan juga didapat penadah lainnya yakni Selamat, saat berada di wilayah Pasar Talang Jawa. Dari pengembangan para penadah ini. “Kemudian sekitar pukul 15.00 wib berhasil kita tangkap pelaku utama pencurian itu Agustian. Sementara satu orang pelaku lain DY masih DPO kita,” kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan dalam penangkapan terhadap ketiganya diamankan barang bukti. 1 unit hp vivo y 65, 1 unit kotak hp vivo y 65, 1 unit kotak samsung j3, dan 1 unit kotak tab samsung galaxi tab 2. “Untuk pelaku Agustian sendiri pernah di penjara dalam kasus yang sama pada pada tahun 2018 yang lalu. Serta dihukum 4 bulan penjara.Ketiganya akan kita jerat pasal 363 kuhpidana dan 480 kuhpidana dengan ancamana diatas 5 tahun penjara, ” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut dilakukan penyerahan satu pucuk senjata api rakitan jenis kecepek yang diserahkan Kades Rantau Panjang Mansyur S kepada Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti. (Sudir Nk)

Tinggalkan Balasan