Pembangunan Jembatan Way Tebu Pekon Way Pring Dilanjutkan – Sinarlampung.com

Pembangunan Jembatan Way Tebu Pekon Way Pring Dilanjutkan

Spread the love

Tanggamus (SL)-Setelah tertunda sekitar dua bulan lamanya, pembangunan jembatan Way Tebu II di Pekon Way Pring, Kecamatan Pugung, Tanggamus kembali berlanjut. Pekerjaan sudah mulai dua hari terakhir, yakni sejak Senin (2/9/19) lalu. Dan selama itu tidak ada kendala seperti yang sudah pernah terjadi.

Pengawas Lapangan, Darso mengatakan pekerjaan sudah mulai dua hari terakhir, yakni sejak Senin (2/9/19) lalu. Dan selama itu tidak ada kendala seperti yang sudah pernah terjadi. “Saya sudah ketemu langsung dan menanyakan ke pihak yang bersengketa, apakah pekerjaan sudah bisa diteruskan, sudah, jawabnya,” kata Darso, Selasa (3/9) di lokasi pembangunan.

Menurutnya itu dilakukannya untuk memastikan, sebab sebelumnya hanya mendengar dari pihak lain tentang dibolehkannya melanjutkan pekerjaan. Begitu mendengar jawaban tersebut, Darso langsung perintahkan pekerja untuk bekerja.

Sedangkan terkait sengketa lahan, sampai permintaan penghentian sementara, Darso mengaku tidak membahasnya. Sebab sebagai rekanan yang terpenting hanya izin untuk melanjutkan pekerjaan. Dan itu sudah diberi dan didengarnya langsung.

Selanjutnya, dijelaskan Darso untuk pekerjaan, sekarang mulai membuat gelagar jembatan. Itu rangka dari jembatan. Bagian itu berupa beton bertulang atau semen cor yang di dalamnya terdapat besi sebagai penguat. “Panjang gelagar 23 meter, dan lebarnya sembilan meter, sama dengan panjang dan lebar jembatan,” terang Darso.

Ia mengaku, untuk pembuatan gelagar mininal dibutuhkan waktu dua pekan. Baru nantinya berlanjut ke tahapan lainnya berupa pembuatan lantai jembatan dan penyelesaian pekerjaan struktur jembatan lainnya. Pembangunan jembatan ini dilaksanakan oleh rekanan CV Citra Mulia Karya Mandiri. Dana untuk pembangunannya sebesar Rp 3,8 miliar lebih dengan masa pekerjaan selama tahun 2019.

Harapannya tidak ada lagi kendala dalam penyelesaian jembatan lintas pekon dan lintas kecamatan yang hubungkan Pekon Way Pring, Kec Pugung dengan Pekon Banjar Negeri, Kec. Gunung Alip. Sebab pekerjaan sudah terhenti selama dua bulan. Jembatan tersebut ada di atas aliran Way Tebu. Dan selama ini memang belum ada jembatan yang layak sebagai penghubung ke Pekon Way Pring.

Untuk itu dalam tahun ini dibangun dua jembatan sekaligus yakni jembatan Way Tebu I yang menghubungkan Pekon Purwodadi, Kec. Gisting dengan Pekon Way Pring. Dan jembatan Way Tebu II yang hubungkan Pekon Banjar Negeri, Kec. Gunung Alip dengan Pekon Way Pring. Untuk pekerjaan jembatan Way Tebu I, tahapannya saat ini sudah sama dengan jembatan Way Tebu II, yakni pembuatan gelagar jembatan. (hardi)

Tinggalkan Balasan