Pekon Kampungjawa Alokasikan ADD dan DD untuk Program KPS - Sinar Lampung

Pekon Kampungjawa Alokasikan ADD dan DD untuk Program KPS

Spread the love

Sharing is caring!

Pesisir Barat (SL) – Untuk pertama kalinya terjadi di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Lampung adanya pekon yang mengalokasikan sebagian Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) untuk pelayanan kesehatan masyarakat. Pekon tersebut adalah Pekon Kampungjawa, Kecamatan Pesisir Tengah, yang melakukan gagasan yang disebut dengan program Kartu Pekon Sehat (KPS) untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakatnya.

Peratin Pekon Kampungjawa, Arif Mufti, ketika dikonfirmasi, Jumat (1/2/2019), mengatakan bahwa sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) bahwa realisasi ADD dan DD tidak diharuskan selalu mengarah terhadap pembangunan infrastuktur. “Karena itu untuk kali pertamanya Pekon Kampungjawa bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, mengalokasikan ADD dan DD Tahun 2019 dari Bidang Pemberdayaan untuk pelayanan kesehatan masyarakat yang dikemas dalam program KPS,” ungkap Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Pesibar ini.

Dia memaparkan, tahun ini alokasi penerima program tersebut sebanyak 250 jiwa, dengan sasarannya masyarakat kurang mampu, masyarakat yang tidak masuk dalam program BPJS Mandiri, dan masyarakat yang tidak masuk dalam program BPJS yang disubsidi oleh pemkab setempat. “Program ini akan menjadi program yang berkelanjutan. Kami berupaya semaksimal mungkin secara bertahap setiap tahun jumlah penerimanya meningkat,” jelasnya.

Lebih jauh Arif menjelaskan, KPS sendiri setara dengan kartu BPJS Kesehatan kelas III, yang saat ini semua tahapan dengan instansi terkaitnya sudah selesai dijalani. “Termasuk penandatanganan kesepakatan dengan BPJS Kesehatan sudah rampung,” imbuhnya.

Masih kata Arif, keberadaan program inovasi desa (Pekon-red) KPS, secara tidak langsung membantu meringankan upaya Pemkab Pesibar dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu. “Di Pesibar program ini merupakan yang pertamakali digagas, harapan kedepan masyarakat yang menerima manfaat program ini bisa tepat sasaran dan terlayani dengan maksimal. Hari ini kami menggelar sosialisasi dengan masyarakat calon penerima KPS berkaitan dengan teknis dan tujuan dari KPS dilaksanakan,” pungkasnya. (net)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *