Pegang KIP-BSM Puluhan Pelajar SMA Negeri 1 Tuba Tengah Justru Tak Pernah Dapat Bantuan? - Sinar Lampung

Pegang KIP-BSM Puluhan Pelajar SMA Negeri 1 Tuba Tengah Justru Tak Pernah Dapat Bantuan?

Spread the love

Sharing is caring!

Tulang Bawang Barat (SL)-Puluhan pelajar SMAN 1 Panaragan Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Barat (Tubaba), pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM), mempertanyakan program bantuan tersebut. Paslanya sejak tiga tahun lalu memegang KIP, namun, tidak pernah menerima bantuan. Sementara beberapa teman mereka menerima.

“Kami dapat KIP karena tergolong tak mampu. Tapi saya belum pernah menerima sudah tiga tahun ini. Padahal mendapatkan kartu KIP, tapi kami tidak pernah menerima bantuan uang, kami sangat kecewa untuk apa kami di kasih kartu itu kalo kami tidak menerima dan tidak menikmati program itu,” kata salah seorang pelajar, kepada wartawan Kamis (8/3/19).

Setidaknya terdapat 20-an para pelajar pemegang KIP dan BSM yang mempertanyakan hal tersebut. Sementara sebagian pelajar di sekolah itu justru menerima bantuan dari program yang sama. “Sedangkan teman-teman yang lain, yang ada kartu dapat smua, kami ini orang gak mampu kurang lebih 20 murid ada kartu KIP bantuan uang gak dapat, kami membutuhkan,” ujar para pelajar itu.

Menanggapi hal itu, Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Tulang Bawang Tengah, Sirdin mengatakan, bahwa kartu KIP itu di keluarkan langsung dari Dipodik pusat dan bukan pihak sekolah yang mengeluarkan. “Kami hanya menguploadnya saja ke Dapodik pusat dan ketika kartu KIP yang kami upload itu datanya valid maka dia dapat dananya dananyapun masuk ke rekening masing-masing pemegang KIP, bukan melalui sekolahan,” kata Sirdin.

Menurut Sirdin, Pelajar yang memiliki kartu KIP belum tentu positif menerima bantuan dana. “Terkadang data dari catatan sipil tidak valit itu alasannya, dan kartu KIP itu juga yang mengaturnya adalah dari kementrian,” katanya.

Penjelasan Sirdin dibenarkan oleh Rahmad Hidayat sebagai operator Dipodik SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. “Dan Kartu KIP itu diterima melalui Dinas Sosial,” ujar Rahmat Hidayat.

Akan tetapi penjelasan Sidrin dan Rahmad Hidayat, sangat jauh berbeda dengan penjelasan Warsit, salah seorang yang membidangi KIP di Dinas Sosial Tubaba. Sebab menurut Warsit, setiap murid yang mendapatkan atau pegang kartu KIP, dipastikan mendapat bantuan. “Karena nama pemilik kartu itu sudah terdaftar di Dapodik pusat jadi nggak mungkin nggak dapat,” kata Warsit.

Menurut warsit, Kasus SMAN 1 Tulang Bawang Tengah ini menjadi kasus ini baru terjadi. “Justru yang sering kami terima laporan, ada pemotongan atau dananya diambil dari sekolahan dan ada uang jasanya, tapi kalo kasus seperti ini kejadiannya baru di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah ini,” jelas Warsit. (kf/jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *