OTT Kesbangpol Lampung Terkait Pungli Izin Orang Asing – Sinarlampung.com

OTT Kesbangpol Lampung Terkait Pungli Izin Orang Asing

Spread the love

Bandar Lampung (SL)-Opersai Tangkap Tangan (OTT) Kejaksaan Tinggi Lampung di Kantor Kesbangpol Provinsi Lampung adalah terkait pungutan liar (Pungli) pada prosesizin tinggal sementara bagi Warga Negara Asing (WNA). Kejati Lampung menangkap  Plt Kasubag Umum di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesabangpol) Jamal.

Kepala Kejati Lampung Sartono mengatakan pihaknya bergerak cepat karena ini menyangkut warga negara asing. “Kenapa kami bertindak cepat karena ini menyangkut warga negara asing yang masalahnya ini bukan regional tapi bisa sampe nasional bahkan internasional,” kata dia saat diwawancara oleh media, Sabtu (17/8/2019).

“Kenapa kami bertindak cepat karena ini menyangkut warga negara asing yang masalahnya ini bukan regional tapi bisa sampe nasional bahkan internasional,” katanya kepada wartawan.

Menurut Sartono  pihaknya menetapkan Plt. Kasubag Umum Kesbangpol itu sebagai tersangka dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Jumat (16/8) sore.  “Ya benar kemarin ada OTT, berkaitan dengan permintaan surat izin sementara yang dilakukan oleh warga negara asing (WNA) yang dimintai sesuatu dan kemudian kemarin (Jumat, red) dilakukan pengamanan,” ujarnya,

Sartono menambahkan, alasan pihaknya bertindak cepat untuk mengamankan JA, hal ini dikarenakan menyangkut izin WNA adalah masalaah nasional. “Yang masalahnya bukan hanya regional. Nanti bisa-bisa urusan pungutan liar ini bisa kendengaran sampai nasional, dan latar belakang itulah melatar belakangi kami untuk bergerak secara cepat,” bebernya.

Ditanya apakah pihak Kejati Lampung perlu asistensi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menangani kasus ini. Sartono menjelaskan bahwa itu tidak perlu. “Ya belum tentu, kalau kami tidak mampu baru ke KPK. Nah ini kan kami mampu, jadi kalau kami tidak sanggup baru minta bantuan KPK,” katanya. (red)

Tinggalkan Balasan