Meski Tanpa Operasional, Operator Disnakertrans Lampura Tetap Layani Pencaker Urus Form AK.1 – Sinarlampung.com

Meski Tanpa Operasional, Operator Disnakertrans Lampura Tetap Layani Pencaker Urus Form AK.1

Spread the love

Lampung Utara (SL)-Warga yang mengurus Kartu Pencari Kerja (Pencaker) di Kabupaten Lampung diprediksi masih ramai sampai Agustus mendatang. Diperkirakan, sebanyak 100 hingga 200 orang mendatangi kantor Disnakertrans Lampura untuk keperluan tersebut.

ekretaris Disnakertans Lampura, Imam Hanafi,

Sekretaris Disnakertans Lampura, Imam Hanafi, mewakili Kepala Disnakertrans, Khairul Anwar, hingga hari ini, Kamis, (13/6/2019), para pencari kerja yang berasal dari kabupaten setempat masih ramai mengurus Fomulir AK.1 (Kartu Pencaker).

“Dari data yang ada, kebanyakan yang mengurus Form AK.1 yang akan mencari kerja ke Ibukota. Baik itu di Jakarta maupun beberapa wilayah lainnya, seperti Tangerang, Bekasi dan sekitarnya. Membludaknya antrian telah dimulai sejak sebelum Idul Fitri 1440 H, hingga hari ini,” kata Imam Hanafi, saat diwawancarai, Kamis, (13/6/2019), di ruang kerjanya.

Dikatakan Imam Hanafi, dari jumlah rata-rata perhari pencari kerja yang membutuhkan Form AK.1 hingga mencapai 200 orang itu, hanya dilayani oleh 9-10 orang staf operator secara bergantian. “Permintaan pelayanan akan kartu pencaker itu diberikan secara cuma-cuma atau gratis. Ini merupakan program pemerintah dalam bidang pelayanan publik,” katanya.

“Dalam pelayanan ini, diprioritaskan bagi mereka berdomisili jauh dari pusat kota maksimal satu hari pelayanan. Dan untuk di sekitar Kotabumi baru menyusul kemudian. Ini dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada mereka serta menghindari menumpuknya antrian pencaker,” terangnya.

Terkait dengan program pelatihan bagi pencari kerja di Lampura, pihaknya telah melaksanakan pelatihan dengan menjalin kerja sama dengan pihak lain. Seperti Balai Latihan Kerja dari Kemenakertrans. “Tahun lalu, Disnakertrans Lampura mengakomodir sebanyak 32 warga usia produktif untuk mengikuti pelatihan di bidang Customer Service dan Operator Garment di BLK Semarang,” jelas Imam Hanafi, seraya menyampaikan pada tahun ini ada program serupa di Bekasi, Jawa Barat.

“Untuk tahun ini, kami mendaparkan undangan dari BLK Bekasi untuk mengirimkan pelatihan bidang IT. Pendaftaran dilakukan secara on-line. Setelah lulus pemberkasan, akan dilakukan test di sini (Kantor Disnakertrans Lampura.red),” kata Imam Hanafi. (ardi)

Tinggalkan Balasan