Massa Mulai Datangi Monas, Reuni 212 Siap Dilaksanakan - Sinarlampung.com

Massa Mulai Datangi Monas, Reuni 212 Siap Dilaksanakan

Spread the love

Jakarta (SL)-Massa yang hendak mengikuti reuni PA 212 mulai datang ke Monas, Minggu (1/12). Meski masih dalam jumlah kecil, massa mulai tiba di Monas Minggu siang dan mendirikan tenda-tenda untuk keperluan logistik serta kesehatan. Tidak hanya itu, ada pula massa yang sampai lalu beristirahat menempati jalur hijau dekat dengan area panggung di sisi Barat Daya Monas.

Aksi 212 tahun lalu

Salah seorang peserta asal Bandung, mengaku telah tiba di Monas pada pukul 13.00 WIB setelah menempuh perjalanan selama delapan jam dari Kabupaten Bandung. Siswi Pesantren Al Kasyaf ini menuturkan tiba lebih awal di Monas karena jarak yang cukup jauh. “Kita datang lebih awal karena kita jauh kan. Daripada datang ngepas nanti malah kecapekan,” kata Naziah ditemui Media Indonesia, Minggu (1/12).

Dia tiba bersama rombongan dari pesantren tempatnya menimba ilmu. Ada sekitar 80 orang yang datang bersama Naziah dengan menumpangi satu bus serta dua minibus. “Dari pesantren memfasilitasi,” ungkapnya.

Rekannya yang juga siswi Pesantren Al Kasyaf mengungkapkan sudah mengikuti PA 212 sejak pertama agenda pertemuan tersebut dilakukan pada 2016 silam. Mereka beserta teman-teman satu pesantrennya pun tidak absen saat reuni akbar diselenggarakan setiap tahun hingga penyelenggaraan ketiga kalinya tahun ini. “Isu-isu politiknya sih kita tidak begitu tahu. Tapi yang kita inginkan datang ke sini jauh-jauh ya ingin menikmati suasana berdoa berjamaah,” tuturnya.

Sementara itu, reuni akbar PA 212 rencananya akan dilakukan pada Senin (2/12) dimulai dengan agenda Shalat Tahajud pada pukul 02.00 WIB serta doa bersama dan salat Subuh. Dalam jadwal yang diterima wartawan acara akan dilangsungkan hingga pukul 11.30 WIB dan massa akan pindah ke Masjid Istiqlal untuk salat Zuhur berjamaah.

Sementara Panitia reuni akbar alumni 212 memastikan acara persiapan reuni 212 telah rampung dilaksanakan. Panitia telah menyiapkan panggung besar untuk acara tersebut. Selain itu, panitia menyiapkan toilet umum di Lapangan Silang Monas, Jakarta, guna menyukseskan acara reuni 212 pada besok Senin, 2 Desember 2019. “Alhamdulillah, persiapan sudah semua,” kata Ketua Panitia Reuni 212, Awit Mashuri kepada Okezone, Minggu (1/12/2019).

Awit menerangkan, pihaknya menyiapkan sejumlah tempat wudu dalam acara yang akan berlangsung pukul 03.00 WIB hingga 08.00 WIB itu. Namun Awit belum bisa memastikan siapa saja tokoh yang akan hadir dalam acara reuni 212 tersebut. Namun, lanjut dia, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon telah mengonfirmasi akan hadir dalam acara tersebut. “Yang saya tahu baru Fadli Zon,” ujarnya.

Pantauan di lokasi, panitia reuni 212 sudah menyiapkan panggung utama di Monas. Selain itu, terdapat beberapa tenda yang digunakan panitia untuk menggelar acara tersebut. Massa belum tampak memenuhi Monas menjelang pelaksanaan reuni 212 tersebut. Namun, beberapa orang mengenakan kopiah dan sarung memang sudah tampak hadir di lokasi.

Jelang penyelenggaraan reuni 212 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta pada 2 Desember mendatang, beredar sejumlah rundown atau susunan dari acara tersebut. Ketika dikofirmasi, Ketua PA 212 Slamet Maarif mengatakan susunan acara reuni 212 yang tersebar di media sosial adalah benar. “Naam (Ya, betul, red),” ucap Slamet Maarif kepada wartawan dilangsir Okezone, Sabtu (30/11/2019).

Berdasarkan susunannya tersebut, acara itu akan dimulai pada pukul 03.00 WIB dini hari dengan melakukan Salat Tajahud, kemudian dilanjutkan dengan istigasah dan juga Salat Subuh berjamaah. Selanjutnya, pada pukul 04.30 hingga 06.00 WIB akan dilakukan dzikir, doa untuk bangsa, pembacaan maulid, tilawah Alquran, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta Mars Bela Islam.

Aksi 212

Adapun pada pukul 06.00 WIB akan dihadirkan sambutan-sambutan, yakni di antaranya adalah Ketua Panitia, GNPF, PA 212, FPI, Imam Besar Habib Rizieq, dan juga tak ketinggalan akan ada sambutan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Untuk sambutan Habib Rizieq, Slamet sendiri tidak membeberkan bagaimana konsepnya. Saat dikonfirmasi soal kepulangan Imam Besar FPI itu, ia mengatakan pihaknya tengah melakukan upaya-upaya. “Sedang terus diupayakan,” ungkapnya.

Sambutan tersebut akan berlangsung hingga pukul 07.05 WIB. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan puisi untuk bangsa, ceramah agama dan doa penutup. Berdasarkan susunan acara, massa reuni 212 akan meninggalkan lokasi setelah melakukan doa penutup, yakni pada pukul 08.00 sampai 08.30 WIB. (red)

Tinggalkan Balasan