Marinir Yon 7 dan 9 Brigif 4 Bindesir Pantai Ketapang - Sinarlampung.com

Marinir Yon 7 dan 9 Brigif 4 Bindesir Pantai Ketapang

Spread the love

Pesawaran (SL)-Pasukan Marinir Batalyon 7 dan Batalyon 9 Brigif 4 Marinir Piabung menggelar bakti sosial bersih bersih pantai, di sepanjang pesisir pantai yang dikenal istilah Bindesir atau Pembinaan Daerah Pesisir, yang rutin dilaksanaka jajaran Korps Marinir, sebagai salah satu wujud Kemanunggalan TNI dengan rakyat. Jumat (02/08/2019)

Apel di Dermaga Ketapang

Komandan Brigif 4 Marinir Piabung Kolonel (Mar) Fajar melalui Pasitel Brigif 4 mengatakan kegiatan diawali dengan apel pagi bersama di dermaga 4 Desa Ketapang, Kecamatan Teluk Pandanm Kabupaten Pesawaran. “Daerah ini adalah salah satu daerah yang berkompeten dengan kesatuan dari Marinir khususnya Yonif 7 Mar dan Yonif 9 Mar di Jajaran Brigif 4 Mar/BS Harimau Sumatra,” kata Letkol (Mar) Imanda, yang juga Pusat Informasi Brigif 4.

Menurut Imandan, kegiatan ini rutin diadakan tiap bulannya di daerah-daerah binaan dengan maskud untuk merangkul masyarakat agar lebih akrab dan lebih Familier dengan Prajurit- prajurit Marinir, “Lewat kegiatan Bindesir yang saat ini sedang kami galakkan dengan bersih – bersih pantai bersama masyarakat dan aparatur desa Ketapang karena pantai adalah salah satu Potensi Maritim yang harus kita jaga bersama untuk kelestariannya,” katanya.

Imanda menjelaskan bahwa mencermati amanat undang undang nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah dan peraturan Pemerintah Nomor 81 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah rumah tangga serta sampah sejenis lainya dan keputusan Presiden Nomor 83 tahun 2018 tentang penanganan sampah laut serta guna mendukung kebijakan Nasional berupa Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia maka sudah kewajiban bagi kita semua untuk memberikan perhatian khususnya terhadap pengelolaan sampah.

“Oleh karena itu Kami sebagai prajurit Marinir tentunya punya peranan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya yang bermukim di pesisir pantai untuk secara kontinyu bisa menjaga kebersihan untuk kelangsungan ekosistim bawah laut dan pantai,” katanya.

Kegiatan ini di ikuti oleh Prajurit dari Yonif 7 Mar sebanyak 32 personil di bawah pimpinan Perwira Staf OperasionalYonif 7 Marinir Kapten Mar Rinto Hutagaol dan Yonif 9 Mar 32 personil di bawah pimpinan Perwira Staf Operasional Yonif 9 Mar Mayor Mar Purboyo. Selain itu melibatkan masyarakat Desa Ketapang sebanyak 25 orang.

Kepala Dusun Ketapang Hermansyah mengatakan bahwa dia dan warganya ikut senang dengan Pasukan Marinir yang selalu tambil bersama masyarakat di lokasi binaan ini. “Kami senang dengan adanya Marinir yang selalu tampil dengan bersama-sama, dan peduli akan kebersihan pesisir pantai dan tempat kita bermukim. Kami haraf bapak-bapak Marinir mau terus berpartisipasi untuk masyarakat dan Desa kami, Pembersihan Pantai adalah salah satu wujud implementasi tindakan untuk menjaga kemaritiman agar tetap lestari,” katanya. (Jun)

Tinggalkan Balasan