Lahan Sawit Terbakar, Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo Pimpin Pemadaman - Sinarlampung.com

Lahan Sawit Terbakar, Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo Pimpin Pemadaman

Spread the love

Mesuji (SL)-Lagi, lahan kebun sawit terbakar di Desa Labuhan Permai, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji. Api yang belum diketahui dari mana asalnya itu menghabiskan perkebunan sawit milik warga. Hingga akbut asap tak dapat terhindari menyelimusi Kabupaten Mesuji, Selasa 8 Oktober 2019.

Mengetahui adanya kebakaran Kapolres AKBP Edi Purnomo bersama dan jajarannya memimpin langsung proses pemadaman dilokasi kebakaraan, agar api atidak melebar ke rumah warga yang ada di lokasi perkebunan .

Menurut Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo mengatakan kebakaran lahan gambut ini sudah beberapa kali terjadi di saat musim kemarau. “Saat kami mendengar ada kebakaran lahan kami dan anggota datang ke lokasi kejadian berusaha memadamkan kobaran api agar kebakaran tidak meluas,” kata Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo.

Sambung AKBP Edi , berdasarkan catatan Polres Mesuji, kebakaran hutan gambut di perkebunan sawit dalam beberapa bulan terakhir sudah terjadi berulang kali.

Menurut dia, kebakaran terjadi atas hutan gambut dan kebun sawit milik warga setempat, yang mengakibatkan Jalan Lintas Timur Sumatera macet sebagai dampak asap kebakaran itu. “Lokasi kebakaran jauh dari sumber air, jadi kami berusaha padamkan api secara manual dengan alat seadanya. Alhamdulillah dapat kami atasi,” katanya.

Kapolres Mesuji mengatakan bahwa lokasi kebakaran terletak tidak jauh dari permukiman penduduk. Pemadaman secepatnya dilakukan untuk menghindari merambat ke ratusan hektare hutan gambut milik masyarakat,” kata AKBP Edi. (Aan S)

Tinggalkan Balasan