KPU Pesawaran Mulai Lipat Surat Suara, Libatkan 200 Pekerja - Sinar Lampung

KPU Pesawaran Mulai Lipat Surat Suara, Libatkan 200 Pekerja

Spread the love

Sharing is caring!

Pesawaran (SL)-KPU Pesawawan mulai melakukan pelipatan kertas suara, di Gudang Logistik KPU Pesawaran, Jumat (1/03/2019). Pelipatan mengerahkan 200 orang dengan target 10 hari rampung.

Anggota KPU Divisi tehnis,  Edy Sutanto menjelaskan proses pelipatan suara yang sedang dilaksanakan di Gudang Logistik KPU Pesawaran, “Tanggal 28 februari kemarin sudah mulai pelipatan suara, presiden, dpd, DPR RI, DPR propinsi dan DPR kabupaten. Target 200 orang target pelaksanaan 10 hari,” katanya.

Terkat kerusakan surat suara rata-rata 10 sampai 20 surat suara, “Surat suara yang rusak akan dikumpulkan dan akan dibuatkan berita acara dan dilaporkan ke KPU Provinsi agar segera diperbaiki,” katanya.

Surat suara ini, katanya langsung dari KPU RI menunjuk perusahaan yang ditenderkan, dan dikirim langsung ke KPU kabupaten berdasarkan DPT plus 2 persen dengan berbasis TPS, lalu di lipat dan disortir, “Kalau ada kekurangan atau rusak dan dilaporkan untuk penggantian,” katanya.

Setelah surat suara dilipat akan melakukan setting form C per TPS, target 4 hari akhir Maret, paking per TPS per pemilihan. “Tanggal 2 April sudah mulai pendistribusian, ada rencana tanggal 12 April ada seremoni, pelepasan surat suara seluruh lampung”, jelasnya.

Untuk upah pelipatan suara sendiri masyarakat yang berpartisipasi mendapatkan Rp75,-, “Lumayan, pelipat suara kami dapat 3000 surat suara yang di lipat perhari jadi dapat uangnya sekitar Rp200ribu perhari,” kata salah seorang pelipat.  (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *