KPK Periksa Tiga Tersangka Suap Proyek di Lampung Tengah - Sinarlampung.com

KPK Periksa Tiga Tersangka Suap Proyek di Lampung Tengah

Spread the love

Lampung Tengah (SL) – KPK memeriksa tiga tersangka suap proyek di Kabupaten Lampung Tengah, Rabu (6/2). Mereka adalah Budi Winarto alias Awi dan Simon Susilo. Budi Winarto (BW) adalah bos PT Sorento Nusantara (PT SN) sedangkan Simon Susilo (SS) adalah bos PT Purna Arena Yudha (PAY).

KPK telah meminta kepada Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian untuk mencegah Budi dan Simon bepergian ke luar negeri selama enam bulan. KPK menduga keduanya menyuap mantan bupati Lampung Tengah, Mustafa, untuk mendapatkan proyek pengadaan barang dan jasa TA 2018 dari pinjaman PT SMI.

Budi Winarto diduga menyuap Mustafa Rp5 miliar terkait ijon proyek paket pekerjaan ruas jalan di Kabupaten Lampung Tengah senilai Rp40 miliar. Simon Susilo memberikan Rp7,5 miliar kepada Mustafa atas fee 10 persen untuk ijon dua proyek paket pekerjaan peningkatan jalan di Kabupaten Lampung Tengah senilai Rp76 miliar.

Uang tersebut kemudian diberikan kepada anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah untuk memuluskan pengesahan APBD Kabupaten Lampung Tengah TA 2017 sejumlah Rp1,825 miliar, pengesahan APBD Kabupaten Lampung Tengah tahun anggaran 2018 sebesar Rp9 miliar, dan pengesahan pinjaman Pemkab Lampung Tengah kepada PT SMI sebesar Rp1 miliar.

Penerimaan sejumlah Rp12,5 miliar dari dua pengusaha tersebut diduga merupakan bagian dari Rp95 miliar terkait suap dan gratifikasi yang diterima Bupati Mustafa. KPK menyangka Budi Winarto dan Simon Susilo melanggar Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau Pasal 13 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (net)

Tinggalkan Balasan