Kotagajah dan Seputih Raman Akan Jadi Sentra Komoditi Bawang Merah Lampung Tengah

Spread the love

Sharing is caring!

Lampung Tengah (SL)-Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto mewacanakan, Kecamatan Kotagajah dan Seputih Raman sebagai sentra komoditi Bawang Merah. Hal ini ia katakan disela kegiatan panen bibit bawang merah bersama kelompok tani Semeru binaaan Bank Indonesia (BI) dan Pemkab, di Kampung Nambah Rejo, Kecamatan Kotagajah, Selasa (6/11/2018).

Panen bibit bawang merah ini kata Loekman diharapkan bisa menjadi motor penggerak para petani yang lainnya. “Kota gajah dan Seputih Raman kita wacanakan sebagai komoditi bawang merah, namun ini semua tentunya ada prosesnya tahap demi tahap,” ujar Loekman.

Lampung Tengah kata Loekman sudah mempunyai unggulan tertentu dalam pertanian, seperti Keca matan Punggur dengan komoditi Nanas, Seputih Agung dengan Kencur nya, Kalirejo dengan cabenya. “Jadi kedepan Pemerintah Daerah akan lakukan pendamping pada kelompok tani agar dalam menanam Komoditi sesuai dengan musim nya dan bisa menjadi Icon kampung atau Kecamatan itu sendiri,” urainya.

Disisi lain Loekman mengucapkan terimakasih kepada BI yang telah membantu petani bawang. Melalui binaannya, saat ini petani bawang merah sudah mulai berkembang.

Sementara perwakilan BI Budiarto Setiawan mengatakan bahwa pihaknya saatbini telah menjalin kerjasama di semua Kabupaten, dan Provinsi. Tujuannya kata dia agar bisa mengendalikan inflasi, karena dengan ketersediaan pasokan akan berarti bisa mengendalikan harga pasar.

Untuk di Lampung Tengah, lanjutnya, petani bawang merah diberikan pelatihan dan juga study banding tentang tanaman bawang merah, “Dalam penjualan pun kita lakukan pelatihan dari mulai cara pemasaran , sehingga binaan BI ini bisa berkembang dengan baik,” ucapnya. (Ersyan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *