Kota Bumi Deklarasi Pemilu Damai 2019, Sinergisitas Penyelanggara dan Komitmen Masyarakat

Spread the love

Sharing is caring!

Lampung Utara (SL)-Kepolisian Sektor (Polsek) Kotabumi Utara bersama Pemerintah Kecamatan Kotabumi dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kotabumi melaksanakan kegiatan Deklarasi Damai Pemilu 2019, pada Rabu, (7/11/2018), bertempat di aula Kecamatan Kotabumi.

Kepolisian Sektor (Polsek) Kotabumi Utara bersama Pemerintah Kecamatan Kotabumi dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kotabumi melaksanakan kegiatan Deklarasi Damai Pemilu 2019, pada Rabu, (7/11/2018)

Deklarasi Damai Pemilu 2019 tersebut dihadiri Kapolsek Kotabumi Utara, Iptu Aris Satrio; Danramil Kotabumi, Kapten Jalaludin; Sekcam Kotabumi, Ahmadi; Ketua PPK, Safsa Rudi; Ketua Panwaslucam Kotabumi, Yoanda Harun, dan anggota Ardiansyah; PPS se-Kec. Ktb, anggota Partai Bulan Bintang, anggota PDI-Perjuangan, anggota Partai Golkar, anggota Partai Gerindra, dan jajaran lainnya.

Ketua PPK Kotabumi, Safsa Rudi, melaporkan, berkenaan dengan kegiatan Deklarasi Damai 2019 dengan tagline #Pemilu aman dan sejuk #2019 Pemilu aman dapat terlaksana atas adanya sinergisitas antar seluruh jajaran dan penyelenggara kepemiluan yang ada di Kec. Kotabumi.

“Kegiatan ini dapat terlaksana atas harmonisasi dan kerja sama yang baik antar-seluruh jajaran yang mendapatkan amanah guna melaksanakan penyelenggaraan Pemilu 2019 yang aman, sejuk, dan damai, khususnya di Kec. Kotabumi,” ujar Safsa Rudi.

Dijelaskannya, dasar diselenggarakannya kegiatan tersebut, yakni PKPU nomor 5/2018, tentang perubahan atas PKPU nomor 7/2017, tentang tahapan program dan penyelenggaraan Pemilu 2019.

Sementara itu, Ketua Panwaslucam Kotabumi, Yoanda Harun, menyampaikan, hal ini merupakan bentuk dan peran serta dalam hal pengawasan pelaksanaan Pemilu 2019.

“Sinergisitas antarlini dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 hendaknya terlaksana dengan baik. Dalam hal tahapan pelaksanaan pemilu, seluruh kontestan yang turut dalam bursa pemilihan legislatif agar menegakkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” papar Yoanda Harun.

Di tempat yang sama, Camat Kotabumi melalui Sekcam Kotabumi, Ahmadi, mengatakan, PPK dan PPS diharapkan dapat melaksanakan dan menyelesaikan seluruh tahapan dengan baik, sehingga terhindar dari polemik yang dapat berpotensi mengganggu jalannya pelaksanaan Pemilu 2019.

“Dan diharapkan kepada Panwaslucam agar mengawasi serangkaian kegiatan dengan baik dan seadil-adilnya. Selain itu, pada seluruh kontestan Pemilu dapat berkompetisi dengan menjunjung asas ketertiban serta berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Selain itu, netralitas penyelenggara pemilu juga menjadi acuan suksesnya penyelenggaran Pemilu 2019,” kata Ahmadi.

Dijelaskan Kapolsek Kotabumi Utara, Iptu Aris Satrio, pelaksanaan pemilu yang damai dan sejuk merupakan instruksi langsung dari Kapolri. “Tujuannya agar dapat tercipta ketertiban dan keamanan di masyarakat pada saat pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang. Seluruh tingkatan masyarakat juga diminta terlibat aktif serta berkomitmen agar Pemilu 2019 dapat terlaksana dengan damai dan bermartabat,” jelas Iptu Aris Satrio.

Diharapkan, segala persoalan yang ditemukan dan berpotensi menimbulkan konflik agar memberikan laporan dan aduan pada pihak yang berkompeten. Peserta Pemilu 2019 juga diminta untuk menghindari tempat-tempat yang tidak diperkenankan untuk melakukan kampanye.

Senada dengan hal tersebut, Danramil Kotabumi, Kapt. Jalaludin, memyampaikan, Deklarasi Pemilu Damau hemdaknya bukan hanya kegiatan yang bersifat seremonial semata, namun juga dilaksanakan dengan baik.

“Penyelenggara tentunya telah menyiapkan seluruh program dan tahapan dengan perencanaan yang matang. Fungsi pengawasan menjadi kontrol dalam perencanaan tersebut. Seluruhnya tentu telah diatur, baik secara teknis maupun dalam payung hukum yang diberlakukan. Penyelenggara diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal agar terhindar dari permasalahan,” papar Kapt. Jalaludin. (ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *