Keindahan Pesona Riau Saat Menjelajahi Tanah Melayu

Spread the love

Sharing is caring!

Riau (SL) – Keindahan pesona Provinsi Riau diberkahi sumber daya alam yang sangat kaya. Minyak bumi, gas alam, karet, hingga kelapa sawit tersimpan atau tumbuh di tanah suburnya. Sayangnya, kabut asap akibat pembakaran hutan di sana membuat keindahan dan kekayaan Riau jadi samar. Padahal, sejumlah destinasi wisata keren telah menanti kamu jamahi di tanah Melayu ini.

Salah satunya, Berselancar di atas ombak Bono di Sungai Kampar.

Ada yang unik saat kamu berkunjung ke muara Sungai Kampar, tepatnya di Desa Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Pada saat-saat tertentu, biasanya purnama atau bulan mati, kamu bisa menyaksikan fenomena ombak Bono, yaitu ombak besar yang muncul akibat pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang.

Tinggi ombak Bono ini bisa mencapai 4-6 meter dan menjadi salah satu daya tarik bagi para peselancar. Ya, memang di mana lagi sih kamu bisa menikmati rasanya menaklukkan ombak besar dengan sebilah papan di badan sungai.

Simak, Kenapa Bono bisa terjadi ?

Bono merupakan gelombang atau ombak yang terjadi di Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau Indonesia. Ombak Bono Sungai Kampar merupakan suatu fenomena alam akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang.

Biasanya ombak atau gelombang hanya terjadi di tepi pantai atau laut ataupun danau yang luas akibat perubahan arus air dan angin. Ombak yang berukuran cukup besar banyak dimanfaatkan untuk bermain selancar. Maka, jika melihat orang berselancar di pantai adalah suatu hal yang sudah biasa. Tetapi melihat orang berselancar di arus sungai adalah suatu hal yang luar biasa.

Gimana, Riau cukup layak jadi destinasi liburanmu, bukan? Yuk liburan ke Riau!

(Terasriau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *