Kebijakan Baru Kemendikbud Penerimaan Mahasiswa Baru Gunakan SSO, Ini Caranya - Sinarlampung.com

Kebijakan Baru Kemendikbud Penerimaan Mahasiswa Baru Gunakan SSO, Ini Caranya

Spread the love

Jakarta (SL)-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi meluncurkan kebijakan baru Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 pada 15 November 2019. Adapun kebijakan baru tersebut yakni penerapan sistem Single Sign On (SSO) yang dapat diakses melalui situs https://ltmpt.ac.id/

Kebijakan SSO merupakan tahap awal pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020, di mana setiap peserta wajib memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan mendaftarkan diri pada portal tersebut.

Ketua LTMPT Ravik Karsidi mengatakan, kebijakan baru tersebut dilakukan untuk mengintegrasikan data sebagai satu kesatuan sistem. “Tujuan dibuatnya SSO untuk mengintegrasikan data jalur penerimaan calon mahasiswa baru (SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN) sebagai satu kesatuan sistem,” ujar Ravik, Jumat (29/11/2019), dilangsir kompas.com.

Terkait tanggal pendaftaran, Ravik menjelaskan bahwa portal regitrasi LTMPT terdiri dari dua jalur, yakni untuk Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan SNMPTN; serta untuk UTBK dan SBMPTN. Untuk jalur PDSS dan SNMPTN, calon peserta baru bisa mengakses mulai 2 Desember 2019-7 Januari 2020. “Portal dibuka nanti tanggal 2 Desember 2019,” ujar Ravik.

Sementara itu, untuk jalur UTBK dan SBMPTN pendaftaran dibuka pada 7 Februari-5 April 2020. Selain itu, siswa juga perlu memperhatikan jadwal registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN sebagai berikut:

Registrasi akun LTMPT dilaksanakan pada 2 Desember 2019-7 Januari 2020

Pengisian PDSS dan pemeringkatan siswa oleh sekolah dilaksanakan pada 13 Januari-6 Februari 2020

Pendaftaran SNMPTN dilaksanakan pada 11-25 Februari 2020

Pengumuman SNMPTN dilaksanakan pada 4 April 2020

Di sisi lain, ini jadwal registrasi akun LTMPT untuk UTBK 2020, sebagai berikut:

Registrasi akun LTMPT dilaksanakan pada 7 Februari-5 April 2020

Pendaftaran UTBK dilaksanakan pada 30 Maret-11 April 2020

Pelaksanaan UTBK dilaksanakan pada 20-26 April 2020

Pengumuman hasil UTBK dilaksanakan pada 12 Mei 2020.

Sementara itu, pendataran SBMPTN dilaksanakan pada 2-13 Juni 2020 dan pengumuman hasil SBMPTN dilaksanakan pada 30 Juni 2020. Tata cara mengikuti UTBK atau SNMPTN

Mengutip dari situs https://ltmpt.ac.id/, ada beberapa tata cara mengikuti UTBK atau SNMPTN.

Berikut rinciannya:

UTBK

Pihak LTMPT menjelaskan bahwa UTBK menggunakan soal-soal yang dirancang sesuai kaidah akademik yang berkenaan dengan pengembangan tes untuk mengukur kemampuan dasar dan memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.

Langkah untuk mengikuti UTBK adalah sebagai berikut:

Registrasi akun siswa LTMPT menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir pada jadwal yang disesuaikan saat pembukaan pendaftaran LTMPT pada laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Melakukan login menggunakan username/e-mail dan password ke portal LTMPT.
Memilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.

Memilih menu Pendaftaran UTBK. Memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

Membayar di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran, kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.

Melakukan login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.

Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

SBMPTN

SBMPTN 2020 merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN atau PTKIN di lingkungan Kemendikbud di bawah koordinasi LTMPT dengan seleksi berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Langkah untuk mengikuti SNMPTN adalah sebagai berikut:

Pendaftaran SBMPTN 2020 dilakukan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Mengisi Biodata (kecuali bagi yang sudah terdaftar di SNMPTN 2020).

Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.

Mengunggah portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman https://download.ltmpt.ac.id.

Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2020.

Adapun informasi lebih lengkap terkait penyelenggaraan SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN tahun 2020 dapat disimak melalui laman https://ltmpt.ac.id/. (kompas)

Tinggalkan Balasan