'Kampung Sedekah' Dusun I Desa Sawojajar Tunaikan Bantuan Sosial Melalui Sampah Daur Ulang - Sinarlampung.com

‘Kampung Sedekah’ Dusun I Desa Sawojajar Tunaikan Bantuan Sosial Melalui Sampah Daur Ulang

Spread the love

Lampung Utara (SL)-Global warming  atau lebih populer dengan sebutan pemanasan global juga disebabkan pola hidup manusia yang kurang peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar. Dari adanya pemikiran itu, Dusun I Desa Sawojajar, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara, yang dikepalai oleh Abdul Ghafur, berinisiatif untuk membuat program Kampung Sedekah.

Menurut penuturan Abdul Ghafur saat diwawancarai awak media ini pada Kamis, (19/9/2019), di kediamannya, program yang sudah dilaksanakannya sejak tahun 2016 lalu dimaksudkan untuk menciptakan wajah kampung yang bersih, indah, dan produktif.

“Program Kampung Sedekah diwujudkan dengan mengumpulkan sampah daur ulang milik warga sekitar, berupa kardus bekas, botol plastik, dan sebagainya,” kata Abdul Ghafur, Kamis, (19/9/2019), didampingi Bendahara Dusun I, Desa Sawojajar, Kamdani.

Dirinya menjelaskan, sampah daur ulang yang terkumpul itu dijual pada pengepul dan hasilnya digunakan untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah juga berbagai kebutuhan sosial warga sekitar.

“Selama ini, hasil dari penjualan sampah daur ulang yang dikumpulkan dari rumah-rumah warga digunakan untuk berbagai kegiatan sosial, seperti membantu warga yang mengalami sakit dan tidak memiliki dana untuk pengobatan, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan warga dusun, serta memberi santunan bagi anak yatim dan keluarga prasejahtera,” paparnya.

Sejak digulirkannya program Kampung Sedekah pada 2016 lalu, kata Abdul Ghafur, pihaknya telah membantu sedikitnya 15 warga meninggal dunia dengan membelikan beragam perlengkapan kematian yang dibutuhkan. “Dan tiap tahun di bulan Ramadhan, delapan warga penyandang disabilitas tidak luput diberikan bantuan untuk sedikit meringankan kebutuhan hidupnya,” tutur Abdul Ghafur, yang juga memiliki Rumah Makan dengan jadwal makan gratis setiap hari Jum’at.

Dirinya juga menyampaikan telah menyusun agenda untuk tahun 2020 mendatang, melalui program Kampung Sedekah, pihaknya akan memberikan subsidi bagi warganya yang mengalami sakit dengan nominal Rp.300.000,- dan akan memberikan bantuan belasungkawa bagi warga yang meninggal dunia senilai Rp.750.000,-.

Di tempat yang sama, Bendahara Dusun I Desa Sawojajar, Kamdani, mengatakan, tujuan utama program Kampung Sedekah difokuskan untuk menghindari sampah yang berserakan di seputaran wilayah Dusun I, desa setempat. “Program ini juga dititikberatkan untuk menghindari Dusun I dari sampah yang berserakan. Sehingga, wajah Dusun I dapat menjadi pintu masuk Desa Sawojajar yang indah dan bersih secara menyeluruh,” terangnya.

Dikatakan Kamdani lebih lanjut, dalam hal teknis pelaksanaan untuk mengangkut sampah daur ulang yang ada di kediaman warga, pihaknya selama ini mendapat support dari Kepala Desa Sawojajar, Mulyanto, berupa pinjam pakai kemdaraan miliknya.

“Sampah daur ulamg yang dikumpulkan kami angkut sendiri melalui petugas yang ditunjuk. Dan selama ini, Kades Sawojajar Mulyanto dengan sukarela meminjampakaikan kemdaraan miliknya untuk digunakan mengangkut sampah daur ulang yang terkumpul,” jelas Kamdani.

Dirinya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, melalui instansi terkait, guna kepentingan masyarakat yang berada di Dusun I Desa Sawojajar serta kelancaran program Kampung Sedekah dapat memberikan bantuan berupa kendaraan pengangkut sampah daur ulang.

“Kami sangat mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dapat mensupport penuh program sosial ini serta memberilan bantuan kendaraan pengamgkut sampah daur ulang, berupa kendaraan Bentor,” harapnya. (ardi)

Tinggalkan Balasan