Kadis Kominfo Lampura: Pemerintah dan Wartawan Itu Berkaitan, Dan Sinarlampung.com Itu Berkarakter

Spread the love

Sharing is caring!

Lampung Utara (SL)-Pemerintah dan wartawan hakekatnya memiliki hubungan yang saling berkaitan. Tidak jarang, karena intensitas yang terjalin antar keduanya, melahirkan hubungan emosional yang begitu melekat. Meski demikian, jalinan kemitraan keduanya harus dilakoni dengan asas profesionalitas.

Pemerintah sebagai subjek pembangunan dan pelayanan publik. Sementara wartawan, berperan sebagai kontrol sosial dari kebijakan yang direncanakan, disusun, serta dilaksanakan oleh pemerintah. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Lampung Utara, Sunny Lumi, saat dikunjungi awak media Sinarlampung.com, Kamis, (6/12), di kantornya.

Menurut Sunny Lumi, dalam menjalankan fungsi kontrol sosialnya, Media Siber Sinarlampung.com kerap mengkritisi beragam persoalan sosial kemasyarakatan yang ada di kabupaten setempat dengan lugas dan tajam. “Namun, daya kritis yang ditampilkan dalam pemberitaan di media Sinarlampung.com, justru menunjukkan karakter tersendiri,” tuturnya.

Harus diakui, kata Sunny Lumi, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara sepatutnya menerima kritikan, saran, dan masukan yang disampaikan oleh wartawan, secara menyeluruh. Pemerintah tidak boleh bersikap antikritik. “Sekalipun kritikan yang disampaikan wartawan begitu tajam dan menghunjam, harus dicerna dan ditelaah lebih dulu. Tidak boleh terlalu cepat menarik kesimpulan,” ujar Sunny Lumi.

Sebaliknya, dalam menjalankan tugas jurnalistiknya sehingga harus menuangkan pemberitaan dengan kritikan yang tajam, wartawan wajib didasari dengan data dan fakta yang akurat disertai narasumber yang berkompeten. Dengan memahami hal tersebut, karya jurnalistik wartawan tentu akan terhindar dari informasi hoaks dan juga tidak membelokkan persepsi masyarakat terhadap kebijakan dan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Dalam hal akan dilaksanakannya perayaan HUT I Media Siber Sinarlampung.com, pada 22-23 Desember 2018, bertempat di Taman Wisata Lumbok, Kabupaten Lampung Barat, Kepala Dinas Kominfo Kab. Lampura, Sunny Lumi, menyampaikan ucapan suka cita kepada seluruh jajaran redaksi dan staf media Sinarlampung.com. “Selamat dan sukses atas HUT ke-1, semoga kedepannya Sinarlampung.com menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, sesuai dengan slogannya Edukasi Cerdaskan Rakyat,” pungkas Sunny Lumi. (ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *