Intensitas Hujan Tinggi, Ngaras Diterjang Banjir Bandang

Spread the love

Sharing is caring!

Pesisir Barat (SL) – Hujan deras yang mengguyur di sepanjang wilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), mulai berdampak cukup fatal. Seperti halnya yang terjadi di Pekon Kotabatu Kecamatan Ngaras.

Di pekon tersebut tercatat kerugian yang ditimbulkan akibat hujan deras yakni hanyutnya satu unit rumah akibat terseret banjir bandang di aliran Sungai Way Ngaras Kecamatan Ngaras, sekitar pukul 03.15 WIB, Sabtu (1/12).

Selain rumah, banjir juga mengakibatkan terputusnya jembatan gantung penghubung Pekon Kotabatu dan Pekon Negeriratu Ngaras. Selain itu tergerusnya sebagian lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU), serta mengancam bangunan Masjid yang ada di wilayah pekon tersebut.

Demikian disampaikan salah seorang warga setempat, Alpi Ishak, bahwa banjir bandang yang terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Way Ngaras tersebut disebabkan intensitas hujan yang mengguyur cukup tinggi ditambah dengan durasi yang cukup lama. “Rumah warga yang terseret banjir terjadi sekitar Pukul 03.15 WIB, sedangkan jembatan gantung penghubung dua pekon itu putus sekitar Pukul 00.30 WIB,” katanya.

Kendati demikian, banjir yang melanda tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, dikarenakan saat kejadian jembatan putus, pemilik rumah disarankan untuk mengungsi karena rumah yang ada dipinggiran sungai itu sudah terancam. “Warga saat itu langsung membantu mengosongkan rumah milik korban atas nama Kadas tersebut, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya. (JPnews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *