IMM Pringsewu Sosialisasi  Undang-Undang No 5 Tahun 1999 - Sinarlampung.com

IMM Pringsewu Sosialisasi  Undang-Undang No 5 Tahun 1999

Spread the love

Sharing is caring!

Pringsewu (SL)-Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM) Kabupaten Pringsewu, selenggarakan Sosialisasi Undang-undang  No.5 tahun 1999 tentang praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat serta perkembangannya, Senin, (15/4/2019) di Hotel Urban Style. Sosialisasi untuk memahami KPPU RI, dengan tujuan utama agar seluruh sektor bisa menyediakan barang dan jasa yang terjangkau yang selalu tersedia terhadap kelangkaan barang.

Sosialisasi menghadirkan pembicara Taufik Ahmad, deputi pencegahan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Ketua KPPU RI Kurnia Toha SH,M,Phd. Dan pembicara lainnya, Drs Attoriadi Ketua PDM Pringsewu, Edi Agus Yanto Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah , Drs Mansur M Ilyas MM, Ketua PC IMM Pringsewu  Efi Hardianto.

Ketua PDM  Pringsewu Drs Attoriyadi dalam sambutannya, mengatakan terima kasih atas diselenggarakanya sosialisasi ini  mudah mudahan ada manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini.Selamat kepada semuanya maupun sponsor yang sudah memfasilitasi kegiatan ini ,mudah mudah ini berjalan dengan baik dan lancar. Kepada IMM jangan hanya jadi fasilitator  harus ada inovasi yang bisa diambil dari kegiatan ini, Ungkap Attoriyadi.

Ahmad Taufik MM, deputi pencegahan komisi pengawas  KPPU RI mengatakan Tugas KPPU RI  adalah untuk mendorong pelaku  usaha bisa  berlangsung secara sehat dengan tujuan utama agar seluruh sektor bisa menyediakan barang dan jasa yang terjangkau yang selalu tersedia terhadap kelangkaan barang. “Seringkali dalam perjalanannya seringkali itu distorsi oleh perilaku pelaku usaha dan pelaku Ekonomi dalam bentuk praktek monopoli,” ujarnya.

Ahmad Taufik menambahkan Mudah-mudahan pada sosialisasi  Undang Unfang  No.5  tahun 1999   tentang Praktek Monopoli dan persaingan Usaha ini diharapkan akan ada tanya jawab biar nanti peserta sosialisai bisa paham dan mengerti  mana yang bisa dilakukan dalam monopoli pelaku usaha dan ekonomi.

Kegiatan Ini menjadi sangat penting bagi kami untuk mengetahui apa yang terjadi pada pelaku usaha ,misalnya di Lampung ini seperti apa dan apa yang bisa anda kontribusikan dalam pelaku usaha  di Lampung ini, “Kebetulan saat ini  Lampung mempunyai peran yang sangat besar  dan penting karena ketua KPPU dan wakil ketuanya  berasal dari Lampung. Kita hadir disini untuk mendorong persaingan usaha dan pelaku ekonomi yang sehat di Lampung sendiri,” katanya.

Saat ini KPPU berpusat di Jakarta dan  kemudian memiliki 5 kantor perwakilan daerah untuk Sumatera bagian utara itu ada di Medan, Batam, untuk wilayah Riau Kepulauan Riau, kemudian Surabaya untuk wilayah Jawa Timur, NTB dan Nusa Tenggara Barat , Balikpapan untuk wilayah Makassar dan di wilayah pulau Kalimantan dan Makassar untuk wilayah Indonesia Timur.

Menjadi KPPU untuk selalu mendorong agar masyarakat paham tentang undang-undang nomor 5 tahun 1999 dan ini adalah bagian dari ajaran itu sehingga nanti diharapkan melalui diskusi dan paparan yang  membuat pelaku usaha di Lampung bisa maju dan berkembang dan tidak melakukan praktek Monopoli Usaha dan Ekonomi.

“Saya mengucapkan selamat kepada IMM Pringsewu yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini  dan terpenting sukses bagi pelaku usaha  dan Ekonomi di Lampung dan khususnya di Pringsewu,| papar Taufik Ahmad.

Ditambahkan Taufik Ahmad hanya orang-orang tertentu yang punya akses terhadap kekuasaan yang bisa masuk ke dalam lingkaran ekonomi. Jadi monopli ada dimana-mana ada  monopoli jeruk di Pontianak ada mobil timor yang tiba-tiba bisa menjadi mobil nasional dan sebagainya.

Apalagi kasus kasus persekongkolan sampai sekarang pun masih banyak hanya orang-orang tertentu yang punya akses ke pemerintah atau penguasa yang mereka bisa memenangkan tender. “Ada empat  tujuan Pelaku usaha yang ada di Amerika di Eropa yang ticak lain tujuanya cuma satu biasanya adalah efisiensi ekonomi dalam bentuk supaya munculnya produk yang murah bagi masyarakat,” ujarnya.

Edi Agus Yanto dari Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah menjelaskan untuk mengatasi ketersediaan produk untuk masyarakat selalu tersedia apa yang terjadi di Amerika inovasinya berkembang luar biasa yang terjadi di masyarakat. Pengertian orang salah paham bahwa monopoli itu dilarang yang dilarang adalah praktek monopolinya.

Dua hal yang berbeda walaupun tidak dilarang monopoli, monopoli itu definisi ekonomi hanya ada satu pelaku usaha dalam teori ekonomi pelajaran sekolah jurusan ekonomi. Di sana ada sektor-sektor tertentu yang harus di monopoli.

“Kalau lahir mendapatkan harga yang murah contohnya biasanya industri jaringan yang selalu menjadi  contoh utama yakni Listrik. Listrik itu jaringan transmisi dan distribusi  sering dimonooli. Jadi intinya Monopili itu tidak dilarang tetapi praktek monopolinya yang dilarang,” kata Edi Agus Yanto. (Wagiman)

Tinggalkan Balasan