HOAX !!? - Sinarlampung.com

HOAX !!?

Spread the love

Sharing is caring!

Oleh: Gunawan Pharrikesit, SH

HOAX merupakan berita bohong, juga bisa merupakan fakta yang direkayasa. HOAX bisa bertujuan sebagai guyonan, bisa juga bertujuan serius. Tergantung situasi, kondisi dan konteksnya.

Artinya HOAX tidak harus disikapi dengan langkah hukum. Dan apabila dia masuk dalam ranah hukum, maka KEBENARAN (bisa juga disebut FAKTA) yang ada dibalik KEBENARAN REKAYASA (sebagai prasyarat dinyatakannya HOAX), juga harus diketahui secara publis dan diakui kebenarannya sebagai suatu REKAYASA oleh publik (hal ini berkaitan dengan sebuah khabar untuk masyarakat luas).

Berkaitan dengan pernyataan KPU tentang HOAX 7 kontainer berisi jutaan surat suara yang sudah dicoblos dan beredar ke publik, maka sekiranya KPU bukanlah membidik siapa yang yang mempublis HOAX itu: NAMUN MENCARI KEBENARAN DARI FAKTA REKAYASA nya.

Artinya cari akarnya, bukan mencari rantingnya yang lebat: Dengan menganalogikan KPU sebagai angin, sehingga tidak perlu kegeniusan, keahlian, dan hal lainnya yang harus kita kagumi dengan niatan KPU melaporkan pembuat perekam HOAX dan penyebarnya.

Yang harus dilakukan oleh KPU adalah mendeteksi siapa yang melakukan penciptaan kondisi sehingga hadirnya HOAX tersebut. Karena bisa saja perekam dan pemyebar HOAX tersebut justru dialah korban dari REKAYASA FAKTA itu sendiri, Tabik puun. ***

Wartawan Senior sinarlampung.com

Tinggalkan Balasan