Festival Kopi Lampung Barat 2019 Gagasan Agrowisata Wisata Kampung Kopi  - Sinarlampung.com

Festival Kopi Lampung Barat 2019 Gagasan Agrowisata Wisata Kampung Kopi 

Spread the love

Lampung Barat (SL)-Kabupaten Lampung Barat mengembangkan potensi wisata baru Agrowisata Kampung Kopi Rigis Jaya, Kecamatan Air Hitam. Kini Kampung Kopi Rigis Jaya merupakan wisata edukasi dapat menjadi salah satu pilihan wisata di Provinsi Lampung.

Panitia Festival Kopi menikmati argowisata Kampung Kopi

Kampung Kopi Rigis Jaya saat telah dilengkapi fasilitas beberapa pondokan dengan pemandangan kebun kopi nan indah, pengunjung sebari menikmati secangkir kopi hangat khas Lampung Barat dapat berselfi karena sangat instagramable sangat cocok untuk diabadikan.

Gagasan itu muncul dalam kegiatan Festival Kopi 2019. Para pengunjung juga dapat mempelajari cara pengelolaan kopi, melihat perkebunan kopi dan mulai dari tanam sampai dengan proses siap seduh. Kampung Kopi ini baru kedua kali digelar, Hal ini tentunya menjadi perhatian, karena menjadi wajah baru pada kegiatan tahunan.

Seorang pengunjung, Ahmad, warga Gedung Surian, mengaku sangat mengapresiasi adanya Kampung Kopi ini. Menurutnya, tempat tersebut membawa dampak baik. “Dengan lokasi tersebut, pada bagian dalamnya ternyata suasana kampung terlihat jelas. Karena sesuai namanya, lokasi tersebut juga dikonsep sebagaimana suasana yang ada di kampung. Dengan bangunan menyerupai pondok,” katanya.

Hal serupa di ungkapkan Apri, Warga Kecamatan Way Tenong mengungkapkan agar Festival Kampung Kopi 2019 dapat mengundang para turis wisatawan baik local, nasional. “Kalau bisa internasional, serta kopi robusta selalu diikutsertakan pada setiap acara-acara besar seperti festival skla bekhak, pendidikan, Krakatau, dan lain lain,” katanya.

Tak hanya itu, dirinya juga memberikan saran agar kampung kopi ini ditambah tempat-tempatnya, agar masyarakat dari luar daerah bisa juga menikmati serta akses pembangunan kampung kopi dan tidak kalah penting ialah akses pembangunan jalanya agar memudahkan berkunjung di kampong kopi baik ada acara festival ataupun tidak.

“Saya berharap, kampung kopi ini dapat terus berkelanjutan pada acara-acara selanjutnya. Dengan adanya kampung kopi ini, berharap mereka dapat membantu pemerintah dalam sektor pariwisata dan perekonomian,” ujar Pria berkacamata itu.

Salah satu panitia Festival Kopi 2019 Deden Ramdhani, kepada sinarlampung.com menyatakan bahwa harapan kedepanya plaksanaan Festival Kopi ini menjawab terciptanya sinergitas antara petani kopi, Dinas Perkebunan dan Pengusaha Kopi. Sehingga semua pihak mendapatkan manfaat terutama petani kopi Lampung Barat.

“Agar meningkatkan kesejahteraan petani itu sendiri dan juga kopi yang di miliki kita kopi lampung barat di kenal luas ke tinggat nasional bahkan skala internasional agar wisata kampong kopi menjadi salah satu tujuan utama wisata ataupun wisata edukasi di lampung barat,” ungkapnya. (Indrawan S)

Tinggalkan Balasan