Diskusi Publik, PC IMM Lampura Ajak Pemuda Berperan dalam Pemilu 2019 - Sinar Lampung

Diskusi Publik, PC IMM Lampura Ajak Pemuda Berperan dalam Pemilu 2019

Spread the love

Sharing is caring!

Lampung Utara (SL)-Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Lampung Utara (Lampura) menggelar diskusi publik dengan tema “Peran Pemuda dalam Mengawal dan Menyukseskan Pesta Demokrasi 2019” bertempat di aula Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah (STIHM) Kotabumi Lampung Utara, Senin, (18/2/2019).

Hadir Sekretaris Umum (Sekum) PC IMM, Dedi Ariyanto, Akademisi Hukum STIHM, Suwardi, M.H, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampura, Tedi Yunada, S.H, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lampura, Agus Romdani, S.IP dan Kapolres Lampura yang diwakili Hadi Sutomo.

Dikatakan Komisioner Bawaslu, Agus Romdani, dua hal yang dapat dilakukan oleh pemuda dalam Pemilu mendatang, yakni para pemuda bisa bergabung menjadi bagian dari pengawas maupun penyelenggra serta menjadi pemantau pemilu yang didaftarkan melalui KPU agar tercipta Lemilu yang berintegritas, jujur, dan adil. “Salah satunya pemuda dapat menjadi penyelenggara pemilu dengan mendaftarkan diri menjadi KPPS ataupun PTPS,” kata Agus Romdani.

Senada, akademisi hukum, Suwardi, menyampaikan, partisipasi masyarakat dalam pemilu dapat dilakukan dalam bentuk sosialisasi pemilu, pendidikan politik bagi Pemilih, survei atau jajak pendapat tentang pemilu dan penghitungan cepat hasil pemilu. “Dengan begitu, pemuda yang merupakan bagian dari masyarakat telah ikut berperan aktif dalam menentukan arah kebijakan pemerintah,” ujar Suwardi. (ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *