Dirpolairud Bahas Masa Depan Maritim Lampung Dengan SMSI – Sinarlampung.com

Dirpolairud Bahas Masa Depan Maritim Lampung Dengan SMSI

Spread the love

Bandar Lampung (SL)-Dalam upaya menyelamatkan sumber kekayaan alam wilayah maritim di Provinsi Lampung, Dirpolair Polda Lampung Kombes Pos Usman HP mengundang silaturahmi pengurus dan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Lampung, Senin, 9 September 2019.

Puluhan pengurus dan anggota SMSI Lampung, menghadiri undangan audensi dengan Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Dit Polairud) Lampung, Kombes Pol Usman HP, dan Wadir Polairud AKBP Ivan. “Kemarin kita sudah melakukan komunikasi dengan Ketua SMSI Lampung, Donny Irawan terkait dengan audensi tersebut. Kita sudah komunikasi untuk melakukan kongkow sekedar coffe morning,” Kata Usman.

Kombes Usman Heri Purwono mengaku, pihaknya mengapresiasi SMSI Lampung. “Kami butuh dalam menyampaikan  informasi ke publik dan memperoleh informasi. Apa artinya jika tidak ada publikasi yang baik,” ucapnya.

Perwira polisi dengan tiga melati di pundak ini memaparkan, jika ada opini-opini atau kabar yang ada, hendaknya bisa komunikasikan agar jelas informasinya. “Bagaimana kejadiannya, faktanya, analisa, di mata hukum dan lainnya. Agar tidak bias. Ini awal komunikasi yang baik. Ini juga harapan kita semua. Saya tidak bisa bekerja tanpa informasi,” kata dia.

Menurut Usman keberhasilan Polri dalam mengungkap kinerja tidak akan dinilai berhasil. Disinilah kata Usman, peranan media sangat strategis.  Sejak awal institusi Polri berdiri di Republik Indonesia sudah menjadi sorotan media. “Hal ini karena kinerja kepolisian yang menangani berbagai macam perkara. “Polisi dari tahun 1969 sudah jadi sorong media, karena menangani perkara yang seksi. Artinya suatu keberhasilan tanpa publising tidak ada artinya,” imbuhnya.

Bahwa seiring dengan kemajuan tehnologi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian ingin agar peran humas di institusinya bisa lebih diberdayakan. Mencermati perkembangan itu Kapolri membesarkan fungsi humas, yang dahulunya humas hanya corong dan jadi sarana propaganda. Bahwa jika ada propaganda negatif soal keberhasilan Polri kita biarkan saja, tetapi diimbangi dengan berita positif.

Karena itu, Lanjut Usman, keberhasilan Polri tidak akan terlihat tanpa peran media, hanya saja kepentingan media dengan Polri terkait penyidikan kadang bertolak belakang. “Maka sekarang ini dikembangkan cyber crime yang terbagi dalam beberapa divisi. Karena perkembangan kejahatan saat ini didominasi media sosial,” tandas Usman.

Ketua SMSI Lampung, Donny Irawan didampingi Sekertaris Juniardi mengatakan, diharapkan dengan silaturahmi ini para pengusaha media siber (online) bersama-sama menjalin kemitraan dan dapat mempublikasikan kegiatan Dit Polairud. “Dan potensi laut Lampung yang amat bagus, namun PAD yang kurang maksimal,” kata Donny.

Donny yang tergabung komunitas menyelam ini mengaku, potensi bawah laut di Lampung seperti surga bagi penyelam, namun terumbu karang yang banyak hancur. “Bagaimana kita menyelamatkan terumbu karang. Dengan publikasi ke masyarakat agar menjaga terumbu karang,” ucap pemilik media online Saibumi.com ini.

Donny mewakili pengusaha media online yang tergabung di SMSI Lampung ini meminta SMSI dilibatkan dalam kegiatan atau mempublikasikan kegiatan Ditpolairud. “Mempublikasikan kegiatan agar tersampaikan pada masyarakat. Agar yang belum tahu jadi tahu,” ungkapnya.

Mantan Anggota DPRD Lampung ini menjelaskan, harapan besar SMSI Lampung bisa mensuport kegiatan Dit Polairud, terlebih banyak mitra Ditpolair, seperti perusahaan yang banyak di pesisir laut Lampung. “Dengan banyaknya perusahaan di Lampung belum semua mensuport, jika diberitakan. Mohon kedepan mitra Dit Polairud bisa mengenalkan mitranya dengan SMSI,” paparnya. (jun)

Tinggalkan Balasan