Dinas Pariwisata dan BPPS Gelar Travel Dialog Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Sleman - Sinarlampung.com

Dinas Pariwisata dan BPPS Gelar Travel Dialog Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Sleman

Spread the love

Padang (SL)-Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS) menggelar travel dialog di Hotel Grand Zuri, Kamis (4/4). Kegiatan tersebut dihadiri 50 anggota biro travel di Kota Padang.

BERSAMA – Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Sudarningsih M.Si didampingi Ketua BPPS, Guntur Eka bersama travel agen usai penyerahkan souvenir, ketika kegiatan travel dialog di Hotel Grand Zuri, Kamis (4/4). (lenggogeni)

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Sudarningsih M.Si mengatakan, travel dialog ini bertujuan memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Sleman. “Dalam mempromosikan potensi pariwisata ini kami mengandeng BPPS,” ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Dinas Pariwisata Kabupaten Slaman memilih Kota Padang menjadi sasaran karena melihat potensi di Padang cukup bagus untuk mempromosikan potensi objek wisata yang belum mereka ketahui. “Kini kami banyak memiliki destinasi pariwisata baru belum mereka kenal. Mulai dari geoheritage seperti Lava Bantal dan Tebing Bresik. Keduanya sudah memenangkan destinasi terbaru terpopuler selama dua tahun berturut-turut yakni 2017 dan 2018,” jelasnya.

Dijelaskannya, Kabupaten Sleman memiliki desa wisata. Yang dulunya 31 desa wisata kini menjadi 47 desa wisata. “Desa wisata merupakan, alternatif wisata lain selain yang sudah ada selama ini. Disana mereka bisa berinteraksi dengan masyarakat. Banyak Aktivitas bisa dilakukan para wisatawan. Bahkan sebagian besar desa tersebut sudah dilengkapi dengan penginapan/homestay,” jelasnya.

Ditambahkannya, kalau selama ini Kabupaten Sleman, ikonnnya yakni Gunung Merapi dan Candi Prambanan. Ada 180 an lebih candi dan situs terdapat di Kabupaten Sleman. “Kami mendeklarasikan Kabupaten Seribu Candi,” jelasnya.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan untuk mendatangkan wisatawan mancanegara maupun domestik. Salah satunya Sport Tourism.
Belum lagi, wisata alam yang terletak di Kaliurang. “Objek wisatanya terus kami benahi mulai dari infrastruktur dan sebagainya,” tuturnya.

Untuk memperlamnyaa tinggal wisatawan, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman selalu mengadakan atraksi mulai dari budaya maupun atraksi lainnya. “Contohnya setiap liburan menjelang lebaran, liburan anak sekolah dan liburan tahun baru. Kami kerjasama dengan PT Taman Pelangi menggelar Festival of Lights. Disana ada air mancur menari, balon udara hingga Kaliurang bersalju. Setiap saat ada perubahan, perbaikan, demi menarik tingkat kunjungan wisatawan,” jelasnya.

“Tunggu apa lagi, ayo mulai menabung dari sekarang. Sebab, dari Padang sudah ada penerbangan langsung menuju Yogyakarta. Anda langsung menginjakan kaki di Kabupaten Sleman, karena Bandar Udara Internasional Adisutjipto terletak di kabupaten yang terkenal dengan salak dan bakpia,” promonya.

Disamping itu, banyak putra putri dari Sumatera Barat yang menyekolahkan anaknya di Kabupaten Sleman. Sebab, hampir sebagian besar perguruan terfavorit berada di Kabupaten Sleman, contohnya Universitas Gadjah Mada. “Mengiurkan lagi, biaya hidup disana sangat murah dan masyarakatnya sadar wisata,” kata. (red)

Tinggalkan Balasan