Diduga Penerima Bantuan Alsintan di Tubaba Alami Nepotisme - Sinarlampung.com

Diduga Penerima Bantuan Alsintan di Tubaba Alami Nepotisme

Spread the love

Tulangbawang Barat (SL) – Bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) melalui Dinas Pertanian di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) yang menelan dana miliaran rupiah diduga nepotisme. Pasalnya, proses seleksi calon penerima bantuan alsintan tidak melalui prosedur dan syarat–syarat yang telah ditetapkan Kementerian Pertanian.

Dilangsir hariansatelit.com, hasil investigasi menyebutkan salah satu penerima bantuan alsintan di Kabupaten Tubaba yaitu Suwito, berupa (traktor 3 unit dan hantraktor 2 unit). Saat di konfirmasi beberapa hari yang lalu Suwito mengatakan dia mendapatkan bantuan alsintan dari Dinas Pertanian atas nama upja (unit pelayanan jasa alat dan mesin pertanian).

Akan tetapi masih menurut Suwito upja nya sebagai penerima bantuan belum terbentuk. “Masih sebatas rencana karena belum ada anggota, belum ada struktur organisasi tidak ada AD / RT,” katanya, belum lama ini. Bahkan lebih lanjut Suwito tidak dapat menunjukkan dokumen apapun yang terkait bantuan alsintan alias ilegal.

Hal ini tentu saja menyalahi peraturan Kementrian Pertanian no 25 tahun 2008, karena penerima bantuan alsintan adalah lembaga yaitu kelompok tani, gabungan kelompok tani, dan upja bukan individu. Hal ini menyebabkan pemberian bantuan alsintan tidak tepat sasaran dan merugikan petani. Hal ini dapat terlihat dari beberapa alsintan di rumah Suwito yang belum pernah terpakai sama sekali.

Disoal tentang adanya unsur nepotisme dan kesalahan prosedur dalam penetapan calon penerima bantuan alsintan. Kepala Seksi (Kasi) Rahmat Efendi dan Sutrisno selaku Kabid mengatakan Suwito itu upja yang di tingkatkan menjadi brigade. Keterangan ini tentu saja berbeda jauh dengan keterangan Suwito.

Karena itu diharapkan kepada Kejari agar dapat mengusut tuntas dugaan nepotisme dan kesalahan prosesur dalam penetapan calon penerima bantuan alsintan oleh Dinas Pertanian Tubaba agar distribusi bantuan alsintan tepat sasaran. (net)

Tinggalkan Balasan