Damrem 043 Gatam Tutup TMMD 105 Tanggamus - Sinarlampung.com

Damrem 043 Gatam Tutup TMMD 105 Tanggamus

Spread the love

Tanggamus (SL) – Komandan Resort Militer (Danrem) 043 Garuda Hitam Kolonel Taufiq Hanafi didampingi Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Kepala Seksi teritorial Letkol Inf Sahnun, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arh. Anang Hasto Utomo, Kejari Tanggamus David P. Duarsa, serta Wakapolres Tanggamus Kompol MN. Yuliansyah menghadiri upacara penutupan kegiatan Karya Bhakti TNI Kodim 0424 Tanggamus yang berlangsung di Pekon, Wonoharjo, Kecamatan Sumberejo, Selasa (13/8).

Dalam sambutannya, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani yang juga menjabat sebagai inspektur upacara penutupan kegiatan Karya Bhakti menyampaikan, atas nama masyarakat dan Pemkab Tanggamus mengucapkan selamat datang di Kabupaten Tanggamus kepada Danrem 043 Garuda Hitam, serta jajarannya, apresiasi juga ia sampaikan kepada seluruh jajaran TNI Kodim 0424 Tanggamus yang telah melaksanakan serta menyelesaikan kegiatan Karya Bhakti TNI sejak tanggal 8 Juli 2019 lalu, khususnya di Pekon Wonoharjo.

“Ini adalah sebagai bentuk manunggalnya TNI dan Rakyat demi membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membuka akses keterpencilan dan pelayanan-pelayanan dasar yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat,”kata Bupati.

Bupati menjelaskan dasar kegiatan karya Bhakti TNI Kodim 0424 yakni, surat telegram KASAD dan keputusan KASAD Tanggal 1 Oktober 2018 tentang penerimaan Hibah uang langsung dilingkungan TNI AD, lalu surat telegram PANGDAM II /Sriwijaya, tanggal 22 Maret 2019 tentang penekanan penerimaan Hibah kegiatan karya Bhakti atau TMMD, lalu telegram Danrem 043/Garuda Hitam tanggal 27 Maret 2019, pengajuan proposal camat Sumberejo tanggal 10 Desember tentang permohonan Karya Bhakti tahun 2019, serta program kerja Kodim 0424 bidang teritorial.

“Kondisi sosial masyarakat Kecamatan Sumberejo umumnya bermata pencaharian petani ladang dan tegalan. Disamping sebagai penghasil pertanian dan sayur sayuran, juga sebagai penghasil kopi, lada coklat dan pala serta buah-buahan, penduduk di pekon sasaran karya Bhakti selama ini relatif aman, keberadaan Babinsa secara umum dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, dan mempunyai pengaruh yang sangat positif dalam pembinaan terhadap masyarakat serta toleransi antar umat beragama sangat tinggi,”ujarnya.

Bunda Dewi sapaan akrabnya, menerangkan pada karya Bhakti TNI tahun ini kegiatan utamanya adalah pembangunan badan jalan mulai dari Pekon Wonoharjo, Pekon Dadapan, sampai Simpang Kanan, dimana tujuan dibentuknya badan jalan sampai dengan ounderlagh adalah untuk meningkatkan perekonomian terutama pada sektor perkebunan, perdagangan, pariwisata serta meningkatkan kelancaran akses jalan dari pekon ke pekon dan mewujudkan pemerataan pembangunan.

“Dana yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Tanggamus melalui dana hibah sebesar Rp 1. 170. 000.000 yang dipergunakan untuk pembangunan perkerasan jalan sampai dengan ounderlagh sepanjang 2.507, 33 meter dan pembangunan dua unit gorong-gorong, sasaran kegiatan fisik tambahan yakni Rehab rumah sebanyak 10 unit, rehab masjid dan rehab musholla masing-masing satu unit, pembuatan jembatan satu unit, pembuatan jamban sebanyak 10 unit dan kegiatan non fisik lainnya berupa penyuluhan, pelayanan KB implant gratis, perkemahan bakti saka wira, sunatan massal pengobatan gratis dan pasar murah,”terangnya.

Sementara itu, Danrem 043 Garuda Hitam, Kolonel Taufiq Hanafi menyampaikan, Kegiatan karya Bhakti TNI Kodim 0424 Tanggamus tersebut bisa terlaksana hibgga selesai, tidak terlepas dari support dan dukungan dari Pemkab Tanggamus. Untuk itu atas nama Danrem 043 Garuda Hitam ia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab serta jajaran dan masyarakat sehingga kegiatan karya Bhakti tersebut dapat berjalan dengan lancar, tepat waktu.

“Ucapan terima kasih juga saya, sampaikan kepada masyarakat Kabupaten Tanggamus. Karena tanpa partisipasi dari seluruh masyarakat kegiatan ini tidak akan berjalan dengan lancar, untuk kegiatan karya Bhakti diwilayah Korem 043 Garuda Hitam juga dilaksanakan diberbagai tempat, seperti Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Tengah dan Tanggamus,”tandasnya. (Hardi/Wisnu)

Tinggalkan Balasan