Bupati Raden Adipati Surya Buka O2SN dan FLS2N Tingkat Sekolah Dasar se-Kabupaten Way Kanan - Sinarlampung.com

Bupati Raden Adipati Surya Buka O2SN dan FLS2N Tingkat Sekolah Dasar se-Kabupaten Way Kanan

Spread the love

Way Kanan (Sl)-Bupati Raden Adipati Surya mengatakan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) merupakan salah suatu wadah untuk mengapresiasi kebutuhan akademis dan non akademis siswa, sehingga bakat dan minat siswa dapat tersalurkan sekaligus menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Bupati Raden Adipati Surya menyeragkan penghargaan diacara pembukaan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)

“Dalam kontek yang lebih makro lagi, kegiatan O2SN dan FLS2N ini merupakan suatu wadah sebagian dari sistem pembinaan olah raga yang bertujuan untuk menjaring bibit-bibit atlet yang berbakat, untuk dikembangkan lebih terarah, berkelanjutan yang nantinya dapat diproyeksikan mengikuti ajang- ajang olah raga baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional,” kata Raden Adipati Surya, saat membuka O2SN dan FLS2N Tingkat Sekolah Dasar se-Kabupaten Way Kanan, di Lapangan Merdeka Kecamatan Banjit, Rabu 20 Maret 2019.

“Sebagaimana kita pahami bersama bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya pencapaian nilai akademis saja tapi juga non akademis. Dengan demikian siswa mendapatkan pengalaman belajar yang seutuhnya dan berkualitas,” kata Raden Adipati Surya, sempat menggunakan bahasa Lampung sebagai pengantar sambutan.

“Saya memakai pengantar pidato menggunakan bahasa Lampung Way Kanan, sesuai dengan Surat Edaran Bupati Way Kanan Nomor 060/59/1-II/WK/2017 tanggal 25 April 2017 tentang Ketentuan Pengunaan Bahasa Lampung Way Kanan setiap Hari Rabu sebagai bentuk pelestarian Bahasa Daerah,” kataya.

Berkenaan dengan itu, melalui penyelenggaraan O2SN dan FLS2N diharapkan dapat meningkatnya kondisi kesehatan jasmani siswa dalam rangka menunjang peningkatan kualitas akademis, dan terjaringnya bibit-bibit atlet berbakat baik dalam bidang olahraga, seni dan, budaya yang lebih terarah dan berkelanjutan. Selain itu, agar terciptanya generasi berkarakter, berkualitas, dan kompetitif., dan menghasilkan siswa terbaik dan berprestasi di masing- masing cabang yang suatu saat diharapkan dapat mengharumkan Kabupaten Way Kanan.

“Saya berpesan pada anak- anakku sekalian bertandinglah dengan penuh semangat tunjukan prestasi terbaik, tercepat, terkuat, dan terindah. Kepada para wasit, saya mengajak saudara-saudara untuk memimpin setiap pertandingan secara professional, objektif dan menjunjung tinggi norma serta kehormatan wasit, dan kepada para guru dan pembina olah raga dan seni, jadikan moment ini sebagai sarana evaluasi atas proses pembinaan prestasi anak-anak didik kita agar lebih baik dan berprestasi dimasa mendatang,” katanya.

Bupati menghimbau kepada segenap panitia, wasit dan tim juri, termasuk para kontingen untuk menjaga dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban, jaga rasa persaudaraan dan persatuan sesama kontingen, dan mengedepankan semangat sportivitas selama mengikuti pertandingan. “Selamat bertanding. Akhirnya dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim kegiatan O2SN dan FLS2N tingkat SD se- Kabupaten Way Kanan tahun 2019 dengan resmi saya nyatakan dibuka,” ucap Adipati.

Sementara dalam laporan Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan, Usman Karim, JAB mengatakan Pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan telah berupaya keras dalam melaksanakan program – program peningkatan mutu pendidikan. “Ujung tombak dari peningkatan mutu pendidikan adalah kegiatan proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran akan lebih efektif apabila ditunjang dengan kondisi kesehatan dan daya kreativitas siswa yang baik,” katanya.

Kegiatan yang diselenggarakan hari ini, lanjut Karim, merupakan merupakan wadah bagi anak-anak kita dalam berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik serta sebuah event untuk menemukan bibit-bibit baru Kabupaten Way Kanan dalam bidang Olahraga. Untuk O2SN aladah lomba Bulu Tangkis, Senam Lantai, Karate, Pencak Silat, dan Renang. Sementara untuk FL2SN adalah  menyanyi tunggal, Seni Tari, Gambar Bercerita, dan Pantomim.

Dengan jumlah peserta O2SN Dan FL2SN yaitu 364 orang dari 14 Kecamatan Sekabupaten Way Kanan “Kegiatan O2SN Dan FL2SN bertujuan untuk meningkatkan Sportivitas anak didik serta mengasah dan mengembangkan bakat seni yang masih terpendam agar dapat menghasilkan prestasi dibidang olahraga dan seni sehingga dapat mewakili kabupaten Way Kanan kejenjang yang lebih tinggi,” katanya. (sam’un/Indro)

Tinggalkan Balasan