Bupati Lamteng Resmikan IPAL Komunal Yang Akan Ada di Tiap Kecamatan - Sinarlampung.com

Bupati Lamteng Resmikan IPAL Komunal Yang Akan Ada di Tiap Kecamatan

Spread the love

Lampung Tengah (SL)-Dengan hadirnya Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal di Lampung Tengah (Lamteng), dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekitar. IPAL Komunal akan dibangun di 28 Kecamatan di kabupaten Lampung Tengaht.

Hal itu diungkapkan Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto, pada acara peresmian IPAL Komunal dan tempat Mandi Cuci Kakus (MCK), yang ada di Kelurahan Bandarjaya Timur, Kecamatan Terbanggibesar, Rabu (9/1/2019). “Dengan adanya instalasi Ipal Komunal ini, kita berharap derajat kesehatan masyarakat, dapat semakin baik, dengan grafik kesehatan yang semakin naik,” kata dia.

Peresmian tersebut, ditandai dengan penandatangi prasasti, yang dilakukan Bupati Loekman, dan pemotongan pita dilakukan, Ny. Elya Lusiana Loekman. Hadir juga beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Kepala Instansi anggota Forum Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Terbanggibesar.

Menurutnya, Pembangunan IPAL Komunal yang akan dibangun disemua kecamatan, sehingga pembangunan kesehatan dapat merata, dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat. “Saat ini, Lamteng telah memiliki IPAL di 15 titik, yang ada di 15 wilayah kecamatan. Hadirnya IPAL diharapkan dapat memberi dampak positif, khususnya bagi kesehatan masyarakat,”ujarnya.

Loekman berharap, masyarakat di Kelurahan Bandarjaya Timur, dapat menggunakan fasilitas IPAL tersebut dengan baik. Agar fasilitas umum yang telah diberikan oleh pemerintah pusat, tetap dapat dimanfaatkan bagi kepentingan bersama.

Asmarajaya, Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bandarjaya Timur mengatakan, pembangunan IPAL yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu, menghabiskan dana sebesar Rp474 juta. Akan menampung limbah industri rumah tangga, yang ada diseputaran Kelurahan Bandarjaya Timur. Saat ini, ada sekitar 26 rumah tangga yang telah memanfaatkan sarana tersebut. “Sekarang ada 26 titik rumah tangga, yang sudah bisa menggunakan IPAL ini,” terangnya (Ersyan)

Tinggalkan Balasan