Bupati Lampung Tengah Ingatkan Peran Linmas - Sinarlampung.com

Bupati Lampung Tengah Ingatkan Peran Linmas

Spread the love

Lampung Tengah (SL)-Perlindungan masyarakat. Linmas dalam berbagai kegiatan senantiasa harus hadir dengan sigap. Demikian disampaikan Bupati  Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto dalam pertemuan dengan Linmas Sekecamatan Terusan Unyai di balai Kampung Bandar Agung (10/10/2019)

Loekman mengatakan bahwa Linmas harus menunjukkan fungsi dan tugas utama sebagai garda terdepan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. “Sesuai namanya, linmas merupakan aparat yang berada dalam garda depan perlindungan masyarakat,”kata Loekman.

Selain bertugas pengamanan, lanjutnya, Linmas juga membantu penanganan bencana alam, pengamanan pemilihan umum mulai  tingkat kepala desa hingga presiden, dan menjaga keamanan dan ketertiban warga. Untuk itu, anggota Linmas perlu mendapatkan bekal ketrampilan guna menunjang tugas dan fungsinya.

Bupati menjelaskan karena betapa pentingnya keberadaan satuan linmas maka patut diimbangi dengan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan.Anggota linmas di tiap kecamatan harus memiliki bekal pengetahuan dan  ketrampilan.

Bupati berharap melalui seluruh komponen satuan Linmas dapat saling bertukar pikiran mengenai eksistensi kelembagaan satuan linmas kedepan, baik dalam menyikapi bentuk ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan, maupun dalam menjamin keberhasilan capaian program kegiatan kinerja satuan Linmas demi terwujudnya masyarakat Lampung Tengah aman.

” Koordinasi, komunikasi dan konsultasi mengenai berbagai permasalahan di lapangan, terurama deteksi dini juga harus dilakukan lebih mantap. Harus diingat sekali lagi, bahwa salah satu kunci kesuksesan pemilihan umum adalah adanya keamanan dan ketertiban yang merupakan salah satu tugas anggota Linnmas,” tutur Loekman. (Rudi/rls)

Tinggalkan Balasan