Benarkah Tembang Nina Bobo Adalah ‘Ritual’ Pemanggil Arwah?

Spread the love

Sharing is caring!

Makassar (SL) – Mayoritas masyarakat Indonesia, khususnya kaum ibu-ibu selalu menyanyikan lagu “Nina Bobo” untuk melelapkan anak kecil yang susah tidur. Namun sebagian dari kita mungkin tidak menyangka jika lagu “Nina Bono” adalah ritual pemanggil makhluk halus.

Dikisahkan dalam sebuah cerita yang beredar, lagu “Nina Bobo” adalah kisah seorang anak perempuan bernama Nina. Ia merupakan anak keturunan Indonesia-Belanda bernama lengkap Helenia Mustika Van Rodjnik. Ibunya adalah penduduk Asli jawa bernama Mustika dan ayahnya adalah seorang jenderal Belanda beenama Van Rodjnik.

Di masa kecilnya, Helenina mengalami penyakit sukar tidur, sampai akhirnya ibunya menciptakan lagu “Nina Bobo” sebagai pengantar tidurnya. Karena sering mendengar lagu tersebut, Nina tidak bisa tidur sebelum dinyanyikan tembang pengantar tidurnya.

Namun sayang, pada tahun 1885 Helenina menderita sakit parah dan meninggal pada tahun 1886. Waktu itu Helenina berusia 6 tahun. Akibat kepergian putri tercintanya, Mustika kerap menyanyikan lagu “Nina Bobo”. Sampai suatu ketika lagu itu terus dilantunkan dan arwah Helenina kembali ke rumahnya.

Sampai akhir hayatnya, Mustika selalu melakukan pertemuan dengan Helenina melalui lagu “Nina Bobo”. Kabarnya, saat lagu ini dinyanyikan akan muncul sosok gadis kecil di sekitar orang yang melantunkan temabang tersebut. Sadar atau tidak, silakan anda buktikan sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *