Bawaslu RI Bantah Ketua Panwaslu Selangor Tim Capres 02, Foto Yazza Yang Beredar Hoax - Sinarlampung.com

Bawaslu RI Bantah Ketua Panwaslu Selangor Tim Capres 02, Foto Yazza Yang Beredar Hoax

Spread the love

Sharing is caring!

Jakarta (SL)-Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad Afifudin membantah Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kuala Lumpur, Malaysia, Yazza Azzahra Ulyana merupakan bagian dari relawan pasangan calon presiden-wakil presiden nomor 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Afif mengatakan itu merespons viral-nya foto yang diduga mirip Yazza di media sosial sedang berpose dengan para relawan Prabowo-Sandi. Afif sendiri menyatakan telah menerima konfirmasi langsung dari Yazza terkait kebenaran foto tersebut. “Informasi yang dimaksud dibantah oleh yang bersangkutan. Kami sudah menyampaikan untuk memberikan konfirmasi bahwa itu tak benar,” kata Afif di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Jumat (12/4).

Lebih lanjut Afif menegaskan pihaknya telah mengenal dengan baik wajah dan turut memiliki foto-foto Yazza yang asli. Ia memastikan hal tersebut valid dan sesuai fakta yang sebenarnya. “Kami tentu akan memastikan informasi dari jajaran kami, dalam posisi kami percaya, data terkait proses ketika kami merekrut yang bersangkutan. Tapi yang bersangkutan sudah mengungkapkan foto itu tak benar,” kata dia.

Selain itu, Afif mengaku para petugas Panwaslu di Malaysia dipastikan menjunjung tinggi netralitas dan imparsialitas dalam bertugas.Namun dia mengakui persyaratan dalam seleksi anggota Panwaslu di luar negeri tak memiliki perbedaan dengan seleksi di dalam negeri. “Sama dengan yang di dalam negeri. Yang penting dia imparsial, netral, tak terlibat dengan partai atau keberpihakan dengan paslon,” kata dia.

Sebelumnya beredar video penemuan puluhan kantung surat suara yang sudah tercoblos di Bandar Baru, Bangi, Selangor, Malaysia, Kamis (11/4). Dalam video, puluhan kantung berwarna hitam tersebut berada di ruangan yang sudah tidak terpakai. Sejumlah orang yang nampak di video menunjukkan surat suara dalam kantung.

Ada coblosan di kolom paslon pilpres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Sebagian dari mereka juga menunjukkan surat suara calon anggota legislatif daerah pemilihan Jakarta II (Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri) yang juga sudah tercoblos. (CNN)

Tinggalkan Balasan