Bawaslu Lampura Gelar Rakor Jelang Rapat Umum Kampanye - Sinarlampung.com

Bawaslu Lampura Gelar Rakor Jelang Rapat Umum Kampanye

Spread the love

Lampung Utara (SL)-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Utara melaksanakan Rapat Koordinasi jelang pelaksanaan Rapat Umum Kampanye pada Pemilihan Umum anggota DPR, DPD, DPRD, serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Rakor dimaksud diikuti sebanyak 69 anggota Panwaslucam se-Lampura, terdiri dari Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran (HPP), Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar-Lembaga, serta didampingi satu orang staf divisi. Kegiatan itu berlangsung pada Rabu-Kamis, (13-14/3/2019), di aula Hotel Cahaya Kotabumi.

Disampaikan Ketua Bawaslu Lampura, Hendri Hasyim, SH., dalam menjalankan tugasnya, dibutuhkan kesungguhan dan integritas yang tinggi dari seluruh Panwaslucam. “Rakor ini lebih memfokuskan penguatan dan koordinasi anggota Panwaslucam dalam menghadapi Rapat Umum Kampanye yang akan dilaksanakan 21 hari sebelum masa tenang. Artinya, tahapan itu akan dilaksanakan pada 23 Maret 2019,” kata Hendri Hasyim, sesaat sebelum membuka Rakor.

Dalam hal tahapan Rapat Umum Kampanye, terang Hendri Hasyim, Bawaslu Lampura sudah berkoordinasi dengan KPU setempat untuk melakukan pengawasan sesuai tahapan secara berjenjang.

Di tempat yang sama, anggota Komisioner Bawaslu Lampura, Agus Romdhani, menyampaikan, terkait jadwal kampanye secara nasional dibagi menjadi dua zona, yakni zona A dan B untuk Pilpres dan wapres. “Hal ini juga telah dikoordinasikan dengan KPU selaku mitra strategis Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu 2019,” jelas Agus Romdhani.

Ditambahkannya, untuk zonasi dan tempat kegiatan Rapat Umum Kampanye, sesuai dengan PKPU diantaranya dilaksanakan di alun-alun ataupun di tempat terbuka yang dianggap layak. Lebih lanjut dikatakan Agus Romdhani, untuk parpol pengusung maupun pendukung Capres dan Cawapres peserta Pemilu 2019, mengikuti zona kampanye terbuka untuk Pilpres. “Meskipun ketentuan ini masih menunggu petunjuk teknis lainnya,” terang Agus Romdhani. (ardi)

Tinggalkan Balasan