Luapan Sungai Way Tuba Rendam Puluhan Rumah Warga dan Lahan Pertanian - Sinarlampung.com

Luapan Sungai Way Tuba Rendam Puluhan Rumah Warga dan Lahan Pertanian

Spread the love

Way Kanan (SL)-Diguyur hujan deras sejak Minggu (6/1/2019) malam, beberapa pemukiman warga Kampung Way Tuba, Kabupaten Way Kanan terendam banjir, Senin (7/1/2019). Berdasarkan informasi yang dihimpun Sinarlampung, pemukiman warga Way Tuba yang terendam banjir itu berada di area  peladangan dan persawahan milik Masyarakat setempat.

Sungai Way Tuba mulai meluap dan membanjiri lahan pertanian warga

Hal itu dibenarkan Dedi Setiawan, warga setempat. ia mengatakan selain puluhan rumah warga hujan desar yang belangsung hingga pagi tadi (Senin 6/1/2019) merusak lahan sawah dan menutup akses jalan dusun 6-7 dan 8 Kampung Way Tuba. Hingga masyarakat tiga dusun tersebut kesulitan untuk keluar dari kondisi banjir tersebut.

“Akibat puncak hujan semalam, dua sungai di tiga dusun kampung Way tuba meluap. dan pada pagi hari warga sudah dikepung banjir sampai uslit untuk dievaluasi akibat jalan penghubung dusun ke kampung terputus akibat besarnya luapan banjir itu,”tutur Dedi, Senin (7/1/2019).

Dedi menambahkan, akibat banjir itu padi yang baru di tanam milik warga yang baru berumur kurang lebih 3 mingguan saat ini rusak parah. Dan akan mati.

Luapan air banjir terparah, tambah Dedi, seperti di dusun 6 Way Nyelai sebab luapan air sungai mampu menutupi akses jalan-jalan yang di gunakan warga beraktifitas. Ketinggian mencapai setengah meter/kisaran lutut orang dewasa. “Sementara warga masih berbenah dikahwatirkan hujan masih terus mengguyur daerah setempat lagi dan banjir makin tinggi,”pungkasnya. (Indro)

Tinggalkan Balasan