Antoniyus: Melalui Organisasi Kita Bisa Belajar Banyak Hal – Sinarlampung.com

Antoniyus: Melalui Organisasi Kita Bisa Belajar Banyak Hal

Spread the love

Pringsewu (SL)-Universitas Muhammadiyah Pringsewu (UMPRI) melalui Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Fakultas Pendidikan, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Kesehatan dan Fakultas Agama Islam melaksanakan Masa Ta’aruf Mahasiswa (MASTAMA) yang bertempat di Aula Graha Ahmad Dahlan Pringsewu,.

Acara dengan mengusung tema “Internalisasi tri darma perguruan tinggi menuju UMPRI yang memberi arah perubahan” yang menghadirkan salah satu Komisioner KPU Provinsi Lampung. Antoniyus, S. IP, sebagai pemateri.

Restu Ilhamsah, Ketua Panitia MASTAMA mengatakan bahwa pentingnya diselenggarakan MASTAMA adalah sebagai pengenalan awal sebelum menuju perkaderan utama Darul Arqam Dasar (DAD) sehingga calon kader memiliki bekal baik secara ideologi, organisasi, maupun wawasan. “MASTAMA adalah kegiatan rutin pra-DAD sebagai pengenalan, agar calon kader lebih mengerti dan punya bekal awal dalam ber-IMM,” tuturnya.

Sementara itu, Efi Hardiyanto, Ketua Umum PC IMM Pringsewu menuturkan bahwa mahasiswa selalu memiliki peran dan bisa memainkan perannya dalam sejarah peradaban bangsa. “Kita coba tengok sejarah kebangkitan nasional melalui boedi oetomo, atau proklamasi kemerdekaan tahun 45, peristiwa 1966, malari 1974, atau terbukanya kran reformasi tahun 1998 lalu, mahasiswa selalu mampu menjadi penggerak dan mampu memainkan perannya,” ungkapnya.

SEmentara Antoniyus, pemateri MASTAMA yang juga salah satu alumni Ketua DPD IMM Lampung Periode 2006-2008 menjelaskan banyak hal, terlebih pengalamannya dalam berorganisasi dan ber-IMM. “Organisasi itu penting sebagai bekal mahasiswa agar lebih peka terhadap sosial, juga sebagai sarana pengembangan diri, terutama yang berkaitan dengan ranah soft skill,” tuturnya.

“Melalui organisasi,” lanjutnya, “Kita bisa belajar banyak hal dan banyak bidang, bisa lebih peka dalam hal sosial, termasuk dalam kecakapan retorikanya, juga membangun dan memperluas jaringan serta menjadi pelopor, pelangsung, dan penyempurna sebagaimana fungsi ortom dalam Muhammadiyah,” pungkas Antoniyus.

Acara MASTAMA tersebut di mulai Selasa-Rabu (10-11/9/2019) pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh 669 peserta. Setelah MASTAMA ini, menurut rencana akan segera dilangsungkan DAD. (Wagiman)

Tinggalkan Balasan