Amankan Pilkakon Serentak 2018 Pringsewu, Polres Tanggamus Terjunkan Ratusan Personil

Spread the love

Sharing is caring!

Pringsewu (SL) – Polres Tanggamus dan jajarannya siap melakukan pengamanan dalam Pilkakon serentak di Kabupaten Pringsewu yang akan digelar esok, dan menerjukan ratusan pasukan, Rabu (10/10/18).

Kapolres Tanggamus, AKBP I Made Rasma, SIK. M.Si mengatakan terkaitan pengamanan Pilkakon serentak di kabupaten Pringsewu tahun 2018 menurunkan 276 personil. “Personil merupakan gabungan Polres dan Rayonisasi Polsek di Kabupaten Pringsewu,” kata AKBP I Made Rasma, diruang kerjanya.

Kesempatan tersebut, Kapolres menghimbau masyarakat pendukung calon Kakon menjaga kondusifitas wilayahnya masing-masing. “Kami menghimbau kepada para calon dan pendukungnya agar bertanding secara fair, tidak menggunakan cara-cara yang curang, politik uang, menghasut, hoax. Disamping itu harus siap menang dan siap kalah sebagaimana Deklarasi para kepala Pekon yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di kolam renang Paris kelurahan Fajaresuk,” himbau Kapolres.

Menurut Kapolres, pihaknya juga sudah mulai melakukan antisipasi adanya keributan berkaitan dengan Pilkakon secara serentak di kabupaten Pringsewu. “Bahkan antisipasi yang kami lakukan mulai malam ini melakukan patroli, penjagaan dan pengawasan ke lokasi- lokasi diselenggarakannya Pilkakon untuk cegah kecurangan, politik uang dan hal-hal lainnya,” tandasnya.

Senada dengan Kapolres Tanggamus, Wakil Bupati Pringsewu Hi. Fauzi, juga berharap penyelenggaraan pemilihan kepala pekon serentak se Kabupaten Pringsewu nantinya dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. “Saya berharap Pilkakon serentak nantinya dapat berjalan lancar, aman dan Kondusif,”ungkap Fauzi seusai melepas angkutan logistik keperluan pemilihan kepala pekon serentak se Kabupaten Pringsewu tahun 2018 yang berlangsung di halaman Percetakan Prameswari, Pajaresuk, Pringsewu, Selasa (9/10) pagi.

Berdasarkan ketentuan pasal 2 Perda Kabupaten Pringsewu No.10 tahun 2015 tentang Tatacara pemilihan, pengangkatan, pelantikan dan pemberhentian Kepala Pekon disebutkan bahwa Pemilihan Kepala Pekon dilakukan secara serentak satu kali atau dapat bergelombang. Selain itu juga berdasarkan SK Bupati Pringsewu No.B/363/KPTS/U.02/2018, ada 59 pekon di Kabupaten Pringsewu yang akan menyelenggarakan pemilihan kepala pekon pada tanggal 10 Oktober 2018.

Untuk diketahui, Dari 59 pekon yang tersebar di 9 kecamatan diwilayah kabupaten Pringsewu yang melaksanakan pilkakon serentak pada 10 oktober 2018 diantaranya. Kecamatan Pringsewu 2 pekon yakni Margakaya dan Waluyojati. Kecamatan Gadingrejo 6 pekon yakni Parerejo, Klaten, Tulungagung, Tambahrejo, Mataram dan Yogyakarta. Kecamatan Ambarawa 4 pekon yakni Ambarawa, Sumberagung, Margodadi, dan Ambarawa Timur.

Kemudian kecamatan Pardasuka 6 pekon yakni Pardasuka, Tanjungrusia, Waramulyo, Sukorejo, Pardasuka Selatan dan Pujodadi. Kecamatan Pagelaran 13 pekon yakni Pagelaran, Pamenang, Gemah Ripah, Lugusari, Way Gison, Patoman, Panutan, Gumuk Mas, Pujiharjo, Padang Rejo, Karang Sari, Tanjung Dalam dan Candiretno. Kecamatan Banyumas 6 pekon yakni Banyumas, Sukamulya, Sriwungu, Sri Rahayu, Banyuurip, dan Mulyorejo.

Selain itu juga Kecamatan Sukoharjo 9 pekon yakni Sinarbaru, Sukoharjo II, Panggungrejo, Pandansari, Pandan Surat, Sinar Baru Timur, Panggungrejo Utara, dan Sukoharjo III barat. Kecamatan Adiluwih 7 pekon yakni Adiluwih, Kuta Waringin, Totokarto, Bandung Baru Barat, Sukoharum, Tunggul Pawenang, dan Srikaton.

Terakhir Kecamatan Pagelaran Utara 6 pekon yakni Margosari, Giritunggal, Sumber bandung, Way Kunyir, dan Gunung Raya dan Pekon Kamilin. (Wagiman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *