Air Terjun Cengkaan Pesona Tersembunyi di Belataran Kebun Kopi di Lampung Barat – Sinarlampung.com

Air Terjun Cengkaan Pesona Tersembunyi di Belataran Kebun Kopi di Lampung Barat

Spread the love

Lampung Barat (SL)-Keindahan alam di Lampung Barat tidak diragukan lagi, Mulai  Sumber Yaya hingga Lumbok Seminung, ujung perbatasan Lampung Barat, penuh dengan pesona keindahan alami. Hal ini juga seperti yang terlihat terdapat sebuah Air Terjun CEngkaan, yang sering disebut Curup Cengkaan.

Pesona air terjun Curup Cengkaan.

Curup Cengkaan berada di Pemangku Cengkaan, Pekon Way Petai, Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat. Air terjun ini memiliki tinggi lebih kurang 85 meter, dimana air yang menjulang dan berbagi dua bagian sangat indah dipandang. Belum lagi dibagian bawah air terdapat bebatuan yang besar menyangga derasnya air.

Air terjun Cengkaan jaraknya dari jalan lintas nasional lintas Sumatra lintas liwa atau dari Balai Benih Ikan (BBI), lebih kurang mencapai empat kilometer (4 km) atau dengan menempuh waktu sekitar setengah jam perjalanan. Sepanjang perjalanan menuju air terjun Cengkaan terdapat hamparan perkebunan kopi dan sawah warga, hingga menambah keindahan alam sekitar.

Sebelum mencapai air terjun juga ada sejumlah turunan dan tanjakan .dalam perjalanan membuat tak terasa sampai di sekitaran air terjun Cengkaan.

sinarlampung.com,mengunungi Curup Cengkaan dan berbincang bincang dengan penjaga dan petugas air terjun Cengkaan, Sukadi dan istrinya, Samiyati. Dalam obrolan singkat di sekitar lokasi air terjun, Sukadi mengatakan, jika air terjun tersebut merupakan wisata alam dan potensi bagus bagi Kabupaten Lampung Barat, terutama di Sumber Jaya ini.

“Selain indah, menarik dan murah air terjun disini ada istimewa, airnya sangat jernih jadi sangat berpotensi di jadikan tempat kawasan wisata yang berpotensial. Ini potensi yang harus digali dan diperhatikan untuk tujuan wisata, jika akses jalannya sudah bagus semua,” katanya.

“Apalagi banyak wisatawan/ pengunjung baik dari luar Lampung Barat, bahkan ada dari luar Lampung datang dan mengunjungi air terjun ini. Sekitarnya memiliki banyak batuan fotogenik yang ciamik jika dijadikan sebagai objek berfoto,” ujarnya. (Indrawan)

Tinggalkan Balasan