Air Terjun Anglo Objek Wisata Unggulan Pesawaran - Sinarlampung.com

Air Terjun Anglo Objek Wisata Unggulan Pesawaran

Spread the love

Pesawaran (SL)-Air Terjun (Arter) Anglo, yang terletak di Dusun Kaliawi, Desa Gunungrejo, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, yang merupakan salah satu potensi wisata unggulan, yang oleh masyarakat di Desa Gunungrejo, di jadikan  Badan Usaha Milik Desa,  dikelola Karang Taruna.

Kepala Desa mengatakan saat ini dikelola oleh Karang Taruna dan dijadikan badan usaha milik desa(Bumdes), sehingga masyarakat dapat turut serta mendapat manfaatnya.

Untuk menuji lokasi air terjun, perjalanan dari Balai Desa melalui jalan tanjakan sekitar 2 KM. Sepanjang dapat melihat bermacam-macam tanaman-tanaman hijau, denfan pepohonan yang rindang terkesn natural. Dan bisa meraskan suasan indah alam pegunungan, melihat pantai,  yang kerap di hiasi pelangi pada pagi hari jika cuaca cerah.

Masuk ke areal Arter Anglo gratis bagi pejalan kaki. Namun apabila pengunjung sedang ramai, biasanya dikenakan tarif sebesar Rp2000 per orang. Namun untuk kendaraan bermotor dikenakan biaya parkir motor sebesar Rp10 ribu.

Aliran air di Air terjun yang jatuh dari atas airnyapun belum tercemar. Untuk menghilangkan lelah perjalanan pengujung bisa mencoba mandi dengn berendam di bendungan tepat dibawah Arter Anglo. Para pengunjung mengakui jika air nya masih sangat sejuk dan dingin menambah siapapun ingin membasuh wajah.

Namun perlu berhati hati untuk anak kecil dikhawatirkan terpeleset dikarenakan bebatuan disana cukup licin karen berlumut.

Saat ini sudah ada fasilitas kamar ganti, toilet, tempat parkir, bendungan dan tentunya Air Terjun. Karena masyarakat sudah merasakan manfaat nya, masyarakat turut serta menjaga kelestarian dan sampah bekas pengunjung.

Karena belum ada tempat penginapan di sekitar Arter Anglo. Jadi mau tidak mau pengunjung yang tidak mempunyai sanak saudara disana harus bolak balik dan tidak bisa menikmati Air Terjun dengan waktu yang lama.

Kemudian kurangnya fasilitas pertokoan yang dikelola secara baik, ada pertokoan terletak di depan Balaidesa, cukup jauh dari lokasi.  Jika ingin jajanan arau makan minum,  disarankan pengunjung membawa makanan dari rumah sebelum menuju ke Arter Anglo. Untuk Souvenir bisa dibeli di pertokoan depan balaidesa Gunungrejo. (Agung Sugenta)

Tinggalkan Balasan